Rendang Minangkabau vs Rendang Malaysia, Apa Bedanya?

Rendang Minangkabau vs Rendang Malaysia, Apa Bedanya?
Rendang di Restoran Selamat, Kota Padang. (Foto: Youtube Herlina Basri)
HALONUSA.COM - Seperti yang sama-sama diketahui, bahwa kuliner Rendang memang berasal dari Sumatera Barat (Sumbar) wilayah Indonesia meski sempat diklaim orang Malaysia.

Padahal dalam sejarahnya, Rendang di Malaysia adalah bawaan bekal nenek moyang jaman dahulu yang merantau ke negara Jiran tersebut karena daya tahan bumbunya yang awet dan tahan lama.

Untuk diketahui, bahwa memang banyak kebudayaan dan kuliner Indonesia yang hampir sama dengan Malaysia. Begitu pula dengan bahasanya, kamu pasti pernah menyaksikan tayangan Upin Ipan kan?

Namun perdebatan kedua negara tersebut tak kunjung usai, meski sempat terjadi asimilasi kuliner berupa perbedaan Rendang asal Malaysia dan Indonesia. Penjabaran lengkap hingga resepnya, dapat disimak pada artikel ini.

Rendang asal Sumbar, Indonesia memiliki tekstur lebih kental coklat kehitaman. Begitu pula dengan resep serta penggunaan rempahnya, sementara Malaysia punya warna lebih kekuningan.

Dapat disimpulkan bahwa, memang benar Rendang ada ditemukan di Malaysia. Namun asal-usulnya tetap dari Indonesia, dimana keberadaan Rendang di Negeri Jiran dibawa oleh perantau Minang jaman dulunya.

Agar lebih jelas terkait perbedaannya, simak resep dari masing-masing Rendang asal Malaysia dan Indonesia tersebut yang akan Halonusa rangkum dari penjabaran lengkap situs cookpad di bawah ini.

Resep Rendang Indonesia asal Sumbar


Siapkan bahan utama seperti 1 kg Daging sapi dan 7 butir kelapa dan 1,5 liter yang diperas jadi Santan kental. Kemudian bumbu halus seperti 100 gram Cabai merah keriting, 1 jempol Jahe, 1 jempol Lengkuas muda, 2 batang Serai dan ambil bagian putihnya, 5 cm Kayu manis dan 2 sdt Garam serta 9 siung Bawang putih hingga 20 butir Bawang merah.

Selanjutnya bumbu rempah yang terdiri dari 3 batang serai, 10cm kayu manis, 1-2 butir buah pala, 1 keping asam kandis, 7 butir cengkeh, 9 butir kapulaga, 2 buah bunga lawang, Sobek Daun kunyit lalu simpulkan 1 lembar dan 5 lembar Daun salam serta 7 helai Daun jeruk.

Tahapan pembuatannya dengan masak daging sapi terlebih dahulu selama 45 menit samapai empuk, kemudian bagi dua rempah-rempah seperti cengkeh, kapulaga dan bunga lawang.

Sebagian bisa ikut dihaluskan bersama bahan bumbu halus lainnya. Sisanya dimasukkan langsung atau ikut dimasak dalam keadaan utuh. Lalu, campurkan bumbu halus dan rempah bersama santan.

Masak hingga mengeluarkan minyak, kemudian masukkan daging hingga empuk dan sesekali aduk. Sesuaikan pemasakan dengan tingkat kekeringan Rendang.

Resep Rendang Malaysia


Bahan-bahannya berupa 1 kg daging sapi has dalam, 1/2 kg kentang kecil, 1/4 kg santan kental, 2 L santan encer, 10 siung bawang merah, 7 siung bawang putih dan 1 ons cabe kering serta 2 butir kemiri, 1 butir cengkeh hingga kapulaga dan bunga lawang.

Selanjutnya ada 1 sdm ketumbar, 2 batang kunyit (sebesar telunjuk), 2 potong asam kandis, 2 ruas jahe, 2 ruas lengkuas di geprek dan 1 batang serai di geprek serta 4 lembar daun salam hingga 2 lembar daun kunyit dan 4 lembar daun jeruk. Tambahkan juga garam, gula serta minyak dan kepala parut 3 ons.

Langkah pertama dengan membuat kerisik menggunakan sangrai kelapa parut, apinya kecil dan dimasak kurang lebih 30 menit saja. Aduk terus jangan sampai gosong hingga mengering, lalu angkat dan dinginkan hingga minyaknya tersisih sendiri.

Selanjutnya, cuci bersih daging yang telah dipotong dengan ukuran sesuai selera. Haluskan semua bumbu halus dan masukkan dalam santan mendidih, diamkan sampai tercampur sempurna. Baru lah masukkan daging dan kecilkan api, aduk terus hingga santan mengental.

Tunggu sekitar 45 menit sampai santan menyusut, masukkan kerisik, garam dan gula secukupnya. Boleh juga bahan penyedap dan masak selama kurang lebih 2 jam, terakhir sajikan sesuai keinginan.

Manakah yang kamu suka? Rendang Malaysia atau Indonesia? (*)

Berita Lainnya

Index