Rendang Terenak di Padang Ada di Restoran Ini, 100 Kg Habis dalam 2 Jam

Rendang Terenak di Padang Ada di Restoran Ini, 100 Kg Habis dalam 2 Jam
Rendang di Restoran Selamat, Kota Padang. (Foto: Youtube Herlina Basri)|Rendang Padang di Restoran Selamat ini habiskan 100Kg daging dalam waktu 2 jam saja (foto: Youtube Herlina Basri)|Restoran Selamat Padang. (Foto: Youtube Herlina Basri)|Proses memasak
HALONUSA.COM - Rendang merupakan salah satu sajian kuliner khas Sumatera Barat (Sumbar) yang berisian daging, berbalut bumbu rempah kecoklatan.

Bumbu rendang sendiri diracik dengan banyak bahan seperti santan, beragam jenis rempah yang disatukan dan diaduk dalam wajan besar selama beberapa jam.

Saking terkenalnya, rendang ini juga menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Rendang bahkan juga ditetapkan sebagai makanan terenak di dunia.

Rendang hadir sebagai lauk yang disajikan di rumah makan nasi Padang, termasuk di Kota Padang itu sendiri. Untuk Kota Padang sendiri, ada sebuah rumah makan yang sangat terkenal dengan rendangnya.

Bahkan, rendang di rumah makan ini disebut-sebut sebagai rendang paling enak di Kota Padang. Rendang di restoran tersebut sangat laris setiap harinya.

Dikutip dari channel Youtube Herlina Basri, saking larisnya rendang di restoran ini, 100 kg daging rendang habis hanya dalam hitungan jam saja.
Baca juga: 4 Tempat Makan Soto Legendaris di Kota Padang, Bisa Pesan di GoFood!

[caption id="attachment_42527" align="alignnone" width="718"]Restoran Selamat Padang. (Foto: Youtube Herlina Basri) Restoran Selamat Padang. (Foto: Youtube Herlina Basri)[/caption]

Rumah makan nasi Padang itu bernama Restoran Selamat, yang berada di Jalan Pasar Raya No.7, Kampung Jao, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Restoran Selamat buka dari pukul 06.00-20.00 WIB setiap harinya, berdasarkan keterangan di Google Map. Restoran ini menyediakan makan di tempat dan bungkus.

Menurut Youtuber Herlina Basri, rumah makan legendaris Restoran Selamat itu terkenal di kalangan masyarakat setempat karena menyajikan rendang bercita-rasa fenomenal.

Restoran Selamat berdiri sejak tahun 1953 yang umurnya hampir 70 tahun. Setiap harinya, Restoran Selamat tidak pernah sepi dan selalu ramai kunjungan, apalagi saat waktu makan siang.

"Pemiliknya Aryani Gani merupakan generasi ketiga dari penerus keluarga tersebut yang mengelola Restoran Selamat di Kota Padang ini," ujarnya.

Selain rendang, Restoran Selamat juga menyajikan berbagai macam hidangan nikmat seperti beragam lauk bergulai dan balado khas Sumbar banget.

Herlina Basri menjelaskan, restoran tersebut memasak 80-100 kg rendang daging sapi setiap harinya. Banyaknya pengunjung menjadi faktor larisnya makanan yang habis dalam waktu 1-2 jam saja.

Herlina Basri menyebut bahwa rahasia kelezatan rendang Restoran Selamat tersebut adalah karena bumbu dan bahan yang dipakai dalam racikannya.

"Bumbunya benar-benar asli khas Minangkabau dengan bahan pilihan, seperti daging kualitas terbaik hingga cara memasak yang tradisional menggunakan kayu bakar," sebutnya.

[caption id="attachment_42528" align="alignnone" width="699"]Proses memasak rendang di Restoran Selamat Padang. (Foto: Youtube Herlina Basri) Proses memasak rendang di Restoran Selamat Padang. (Foto: Youtube Herlina Basri)[/caption]

Kata dia, kuali besar yang digunakan untuk memasak rendang tersebut bernama kancah yang memuat sekitar 80 kg daging, lengkap dengan bumbu racikannya.

Seorang peracik adonan rendang di Restoran Selamat, Muslim menyebut, bahwa aktivitas masak-memasak sudah dimulai sejak pukul 04.00 WIB.

Mereka memasak sekitar 2 kancah rendang setiap harinya. Lebih banyak lagi jika ada pesanan khusus yang memungkinkan penggunaan 3 sampai 4 kancah dan dimasak sekaligus.

Restoran Selamat tidak hanya menerima pesanan di sekitar Sumatera Barat, kerap juga mengirimkan pesanan ke daerah luar Sumbar lainnya.

"Yang ingin menikmati Rendang ini harus datang lebih awal karena pukul 11.00 WIB sudah habis," kata Herlina Basri dalam videonya.

Berikut Rincian Harga Rendang di Restoran Selamat:

  • 1 potong rendang Rp. 20.000

  • 1 bungkus nasi + rendang Rp. 26.000

  • 1 bungkus nasi + lauk biasa Rp. 24.000


Itulah salah satu rendang terenak di Kota Padang, Sumatera Barat, hingga laris terjual 100 kg hanya dalam beberapa jam saja. Selamat mencoba. (*)

Berita Lainnya

Index