Rent Car Indonesia Sumbar Dorong Pemulihan Ekonomi Pascapandemi Covid-19

Rent Car Indonesia Sumbar Dorong Pemulihan Ekonomi Pascapandemi Covid-19
Para pengurus DPD RCI Sumatera Barat usai sosialisasi gerakan bisnis transportasi pascapandemi Covid-19, sekaligus pengukuhan pengurus | Ist/Halonusa
HALONUSA.COM - Rencana pemerintah dalam memulihkan perekonomian pascapandemi Covid-19 yang berlangsung tiga bulan tahun ini. Para pengusaha transportasi tergabung Rent Car Indonesia (RCI) Sumatera Barat (Sumbar) turut mendorong program perbaikan pertumbuhan ekonomi kembali normal.

RCI memandang upaya pemulihan perekonomian pascapandemi Covid-19 di Indonesia, tentu mendorong aktivitas bisnis sewa mobil dan bus pariwisata di Indonesia kembali bergairah termasuk di Sumbar.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Daerah Rent Car Indonesia (DPD RCI) Sumatera Barat, Rino Zulyadi, upaya memulihkan perekonomian tidak hanya tanggung jawab pemerintah semata. Melainkan peran segala sektor termasuk Rent Car Indonesia agar ekonomi bisnis dalam urusan sewa mobil bus pariwisata kembali bergairah.

Baca juga: Lekat dengan Aura Anak Muda di Sumbar, Tjahaja Baru Luncurkan Motor All New Aerox 155 Conneceted

“Kami (dpd) siap menjadi mitra strategis pemerintah dan swasta dalam upaya mengembangkan sektor pariwisata yang sempat hancur karena terimbas Covid-19,” ujar Rino Zulyadi, didampingi Assenk Bresco (pengelola Royale Rent Car), saat ini menjabat sebagai Sekretaris DPD RCI Sumbar, Sabtu (19/12/2020).

Founder Padang Auto Rental meyakini, pemulihan ekonomi secara bersama dalam menggairahkan kembali sektor pariwisata di Sumatera Barat sudah barang tentu terkait dengan layanan.

“Tadi sekjend telah menyampaikan agar layanan jasa rental mobil dan sewa bus pariwisata juga turut memperhatikan protokol kesehatan Covid-19,” ujar Rino, didampingi Allan Dirga

Baca juga: Ada Promo Menarik MG Motor Indonesia, Berlaku November-Desember 2020

Rino melanjutkan, seyogianya memang seperti itu apalagi dengan masa transisi tatanan kehidupan baru pascapandemi Covid-19.

Kehadiran RCI Sumbar bakal menjadi wadah bagi rekan-rekan pengelola atau pengusaha jasa rental mobil dan bus pariwisata di Sumbar.

Serta menjadi mitra penguatan untuk mendobrak kelesuan ekonomi daerah dan secara luas Indonesia.

“Ini tujuan utama kita memberikan layanan terbaik dengan tetap memperhatikan kesehatan, selain itu dpd siap mendukung kebutuhan transportasi dalam mendobrak ekonomi pariwisata mulai dari rental mobil dan sewa bus pariwisata,” ujar Rino, diapit Allan Dirga (pengelola Teressa 14), yang juga Bendahara RCI Sumbar.

Baca juga: 5 Peluang Bisnis Ini Tahan terhadap Resesi

RCI merupakan wadah bagi para pengusaha profesional atau pengelola transportasi sewa mobil dan bus.

Keanggotaan dalam RCI tidak sekadar profesionalitas kerja tetapi juga mengantongi syarat wajib, yakni memiliki perusahaan berbadan hukum.

RCI sendiri bukan sekadar memikirkan bisnis tetapi juga ruang silaturahmi pengusaha rental mobil dan bus pariwisata.

Direktur Orion Holiday, Fordismen mengungkapkan, kalau selama pandemi Covid-19 pihaknya menerapkan standar prtokol kesehatan dalam pelayanan.

"Driver bermasker dan pemeriksaan kesehatan rutin bagi driver yang bertugas. Intinya kami memberikan kenyamanan pelanggan kami," ujarnya.

Baca juga: Pelabuhan Indonesia II Telah Berikan Insentif Layanan Jasa Pelabuhan, Optimis Hadapi Tren Perbaikan 2021

Sekretaris Jenderal DPP RCI, Rescky NR mengatakan, kalau protokol kesehatan wajib diterapkan bagi setiap anggota setiap anggota Rent Car Indonesia (RCI) di seluruh Indonesia.

Ia melanjutkan, libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2021 akan menjadi perhatian besar apalagi masih situasi pandemi.

"Kondisi itu tentunya menuntut kita harus mawas diri, dan kami mengajak para pengusaha memberikan rasa aman, nyaman bagi penumpang di masa pandemi. Sehingga penumpang dapat menikmati perjalanan wisata selama libur natal dan tahun baru dengan sehat," ujar Rescky saat pengukuhan pengurus DPD RCI Sumbar, di hotel Kyriad Bumiminang.

Baca juga: Indonesia Resmi Resesi, Sesi I IHSG Justru Meroket tajam 2,03%

Saat ini ada lebih kurang 350 anggota RCI se Indonesia dan telah membentuk sebanyak 18 pengurus DPD se Indonesia.

Pembentukan DPD RCI sebagai komitmen untuk mewujudkan wadah agar terjalin sinergitas perusahaan rental se Indonesia dalam mengembangkan bisnis bidang trasportasi. (tan)

Berita Lainnya

Index