Rombongan Mahasiswa UNP Kecelakaan di Agam Ternyata Hendak Laksanakan KKL di Pasaman Barat

Rombongan Mahasiswa UNP Kecelakaan di Agam Ternyata Hendak Laksanakan KKL di Pasaman Barat
Sejumlah mahasiswa UNP korban terdampak kecelakaan bus di Kabupaten Agam. (Foto: Dok. Polres Agam)
HALONUSA.COM - Pihak Universitas Negeri Padang (UNP) membenarkan insiden kecelakaan bus yang membawa rombongan mahasiswa dari kampus tersebut.

Bus tersebut mengalami kecelakaan di Gasan Ketek, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar) pada Jumat (25/3/2022) siang.

"Benar, itu mahasiswa kami dari Jurusan Geografi," kata Dekan Fakultas Ilmu Sosial UNP, Siti Fatimah.

Siti mengatakan, rombongan mahasiswa tersebut hendak melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar).

"Mereka hendak melaksanakan KKL di Nagari Kajai, Pasbar," katanya.

Dalam kejadian tersebut, kata Siti, tidak ada korban meninggal dunia. Namun, dirinya membenarkan ada satu dosen yang dirujuk ke RSUD Lubuk Basung.

Baca juga: Ini Identitas Sopir dan Kronologi Bus Wisata Kecelakaan di Agam Bawa Rombongan Mahasiswa UNP

Rombongan mahasiswa tersebut, sambungnya, merupakan kloter terakhir dari empat sesi dalam pelaksanaan KKL. Setiap satu kloter berangkat kurang lebih 100 mahasiswa dengan tiga bus.

"Sudah lengkap panitianya, ketua jurusan, program studi (prodi) dan koordinator," ungkapnya.

KKL yang dilaksanakan, katanya, berdasarkan permintaan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasbar untuk pemetaan mengunakan sistem informasi geografi. Salah satunya, pemetaan kebencanaan.

Seperti diketahui, bus dengan nomor polisi (nopol) BA 7034 WU itu dikemudikan oleh Roni, 38 tahun, warga Kota Bukittinggi.

Kasat Lantas Polres Agam, Iptu Apriman Sural mengatakan, bus tersebut diketahui rebah kuda di halaman rumah warga yang sedikit berada di bawah badan jalan.

Sebelum terbalik dan tabrak tiang listrik, katanya, bus terjun ke jurang sedalam dua meter berada di halaman rumah warga.

"Bus masuk ke jurang sedalam lebih kurang dua meter. Kendaraan tersebut hilang kendali," ucap Apriman.

Baca juga: Bus Wisata Rebah Kuda di Agam Jelang Jumat, Bawa Rombongan Mahasiswa UNP

Pasca kejadian, bus tersebut ringsek di bagian depan bus pariwisata bernama merah muda (pink) tersebut. Sejumlah warga mendatangi lokasi kejadian mengevakuasi 25 mahasiswa.

"Akibat kecelakaan, korban mengalami luka-luka dan dibawa ke Puskesmas Tiku," ujarnya. (*)

Berita Lainnya

Index