Rutin Gelar Latihan Pencarian dan Pertolongan, Sosok Abdul Malik Ternyata Punya Tujuan Ini

Kepala Kantor SAR Padang, Abdul Malik. (Foto: Istimewa/Dok. Basarnas)
Kepala Kantor SAR Padang, Abdul Malik. (Foto: Istimewa/Dok. Basarnas)

HALONUSA.COM – Kantor SAR Padang, Abdul Malik kembali mengerahkan jajarannya untuk menggelar latihan pencarian dan pertolongan di ketinggian.

Sebelumnya, pihaknya telah menggelar latihan serupa dengan melibatkan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang pada 22-23 Agustus 2022 lalu.

Bacaan Lainnya

Pelatihan yang diberikan oleh Basarnas tersebut diberi nama High Angle Rescue Techniques (HART).

Pelatihan HART digelar dengan materi teori dan praktek, seperti sistem lifting, lowering dan tali temali pada 13 hingga 15 September 2022.

Baru-baru ini, Kantor SAR Padang kembali menggelar pencarian dan pertolongan serupa di ketinggian untuk menghadapi kecelakaan atau bencana di area ketinggian.

“Tujuannya agar personel ini bisa maksimal dalam memberikan pelayanan SAR yang cepat, tepat, dan profesional,” katanya, Rabu (14/9/2022).

Latihan satuan pencarian dan pertolongan tersebut, kata Abdul Malik, diikuti 21 peserta dari Kantor SAR Padang, Pos SAR Pasaman, Pos SAR Limapuluh Kota dan Unit Siaga Solok Selatan (Solsel).

“Keterampilan di bidang penyelamatan di ketinggian sering dilakukan untuk mengantisipasi beberapa jenis bencana seperti kecelakaan kendaraan bermotor, mobil masuk jurang, hingga orang masuk ke sumur,” tuturnya. (*)

Baca juga:

Pos terkait