Sah! Telkomsel Luncurkan Layanan Telkomsel 5G Serentak di Kota Balikpapan, Medan, dan Surakarta

  • Whatsapp
Layanan Telkomsel 5G_4 -Halonusa -Sumatra
(ki-ka) Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama Kusubandio, Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, dan Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam dalam acara peluncuran 5G Telkomsel di Surakarta, Kamis (3/6/2021). Telkomsel/Halonusa

HALONUSA.COM – Layanan Telkomsel 5G diluncurkan di tiga kota secara serentak, yakni Medan, Surakarta dan Balikpapan, yang dilangsungkan di GraPARI Group Medan, kantor Balai Kota Surakarta dan GraPARI, Kamis (3/6/2021). Peluncuran itu pasca peluncuran layanan Telkomsel 5G di Jakarta.

Langkah ini secara bertahap dilakukan sebagai upaya melakukan percepatan pengembangan teknologi jaringan 5G, serta menghadirkan berbagai produk, layanan, serta solusi digital yang lebih inovatif dan customer-centric.

“Sebagai the first 5G operator in Indonesia, Telkomsel terus melakukan upaya bertahap dan terukur dalam memperluas ketersediaan layanan Telkomsel 5G di Indonesia sehingga kedepannya siapa pun dapat merasakan the best 5G experience dengan dukungan jaringan 5G yang andal,” kata Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam.

Baca juga: Hendri Mulya Syam Jabat Direktur Utama Telkomsel, Berikut Susunan Direksi

Menurut Hendri Mulya Syam, hadirnya jaringan 5G di tiga kota ini merupakan awal dari upaya berkelanjutan yang dilakukan secara terukur, dengan harapan kedepannya dapat mengakselerasi pengalaman gaya hidup digital masyarakat.

Serta digitalisasi aktivitas yang dilakukan mulai dari pemerintah daerah, pelaku UMKM, hingga lintas sektor industri untuk dapat meningkatkan produktivitas yang lebih tinggi, mendorong efisiensi dan menghadirkan inovasi yang lebih banyak.

“Hadirnya Telkomsel 5G ini merupakan simbol komitmen kami untuk memajukan setiap daerah sebagai pondasi ekosistem digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan,” ungkap Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam.

Baca juga: 5G Telkomsel Tersedia di Sembilan Kota, Berikut Kota dan Cara Menikmatinya

Telkomsel mengapresiasi seluruh pemangku kepentingan yang telah turut berkontribusi dalam membantu mengimplementasi percepatan perluasan jaringan 5G di beberapa wilayah di Indonesia.

“Peluang kolaborasi strategis antara Telkomsel sebagai connectivity provider dengan seluruh pemangku kepentingan, termasuk masyarakat sebagai entitas pendukung terdepan,” ungkap Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam.

Baca juga: Telkomsel Resmi Jadi Operator Seluler Pertama Menggelar Jaringan 5G di Indonesia

“5G harus menjadi fondasi kuat untuk mengimplementasikan dan membumikan ideologi bangsa kita di dalam hati dan kehidupan keseharian masyarakat. Pembangunan infrastruktur ICT juga harus didukung di sisi hilir dengan pemanfaatan teknologi digital yang begitu berkembang untuk kepentingan kita,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G Plate saat turut hadir pada peluncuran layanan 5G di Kota Surakarta.

Menurutnya, kehadiran infrastruktur di hulu harus memberikan manfaat di hilir untuk kepentingan masyarakat dan untuk kepentingan ekonomi.

“Kita harus memastikan bahwa digital economy, digital culture, digital society, dan digital government semuanya harus kita kuasai,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G Plate.

Baca juga: 5G Telkomsel Hadirkan Akses Jaringan Sebagai Operator Selular Pertama dan Terdepan

Johnny menambahkan, Kominfo akan meneruskan fondasi transformasi digital Indonesia berbasis atau bertumpu pada tulang punggungnya, yaitu jaringan 4G. Pemerintah bersama dengan operator telekomunikasi akan melaksanakan simultan operation, yakni coexist antara 4G dan 5G, di mana ke depannya 5G akan dikembangkan secara gradual sesuai kematangan ekosistem, khususnya di wilayah kota-kota perintis, yakni Surakarta dan tujuh (7) kota lainnya. (*)

Pos terkait