Sederet Permasalahan Ini Akan Bikin Laju Perekonomian Indonesia Tersendat

Presiden-Jokowi-Joko-Widodo-RI-Good-Journalism-Wise-Journalism-Setkab.go.id-Indonesia-

HALONUSA.COM – Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa penyebaran virus Covid-19 varian Omicron akan mengancam pembangkitan ekonomi Nasional pada tahun 2022.

Tidak hanya itu, menurutnya, ada sederet permasalahan lainnya yang akan membuat laju perekonomian Indonesia tersendat.

Bacaan Lainnya

“Tahun 2022, akan jadi momentum. Penanganan pandemi sudah makin terkendali, meski hati-hati masih ada varian omicron yang harus diwaspadai,” katanya dalam acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2022 secara virtual, Kamis (20/01/2022).

Selain itu, menurutnya, ada perubahan perekonomian global yang dapat menahan laju pemulihan perekonomian tanah air. Khususnya yang bersumber dari negara maju, seperti Amerika Serikat (AS), Eropa dan Jepang yang mulai mengubah haluan kebijakan.

“Selain itu ada kelangkaan pangan, kelangkaan energi, kelangkaan kontainer, kenaikan inflasi, kenaikan harga produsen, persoalan itu harus kita ikuti karena dampaknya ada pada negara kita,” lanjutnya.

Masalah lainnya yaitu inflasi. Masalah yang tidak hanya terjadi pada negara maju, namun juga beberapa negara berkembang akibat peningkatan permintaan, rantai pasok hingga efek kelebihan likuiditas di perbankan, seperti yang dialami oleh Brasil, Meksiko, Afrika Selatan dan Rusia.

“Ini memicu peningkatan harga komoditas dunia dan timbulkan inflasi global yang makin tidak menentu,” katanya.

Pos terkait