Sejarah Cagar Budaya Bioskop Garuda di Kota Pariaman

Sejarah Cagar Budaya Bioskop Garuda di Kota Pariaman
Cagar Budaya Bioskop Garuda di Kota Pariaman|Cagar Budaya Rumah Mohd Hassan Saleh di Kota Pariaman.
SEMANGAT DATA - Bioskop Garuda menjadi salah satu cagar budaya tidak bergerak yang ada di Kota Pariaman, Sumatra Barat (Sumbar).

Bioskop Garuda tercatat sebagai cagar budaya di Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumbar dengan nomor inventaris 19/BCB-TB/A/07/2007.

Lokasi Bioskop Garuda ini tepatnya berada di Sudirman No. 38 - Kelurahan Pondok Duo, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Secara astronomis, cagar budaya ini berada di titik: S0° 37' 32.795" dan E100° 7' 14.774".

Baca: Sejarah Cagar Budaya Kompleks Pillbox Jepang Pasir di Kota Pariaman

Sedangkan secara geografis, situs cagar budaya Bioskop Garuda berada di dataran rendah dengan bentang lahan datar dan ketinggian 5 mdpl.

Bioskop Garuda ini memiliki luas bangunan bioskop: 504 meter persegi, berdiri di lahan 40 m x 60 m (3.000 meter persegi).

Bioskop Garuda dapat diakses menggunakan kendaraan roda 2 dan 4.

Pemilik Bioskop Garuda adalah Muhamad Ali Hasan (ahli waris), dan dikelola oleh Afridawati.

[caption id="attachment_211" align="alignnone" width="606"]Cagar Budaya Bioskop Garuda di Kota Pariaman Cagar Budaya Bioskop Garuda di Kota Pariaman[/caption]

Sejarah atau Historis

Gedung bioskop yang bernama Bioskop garuda dibangun tahun 1940-an oleh pemilik bangunan rumah gadang Mohammad Hasan Sholeh. Bangunan Bioskop ini telah sering beralih fungsi.

Pertama kali dipergunakan sebagai gudang kopra, selanjutnya dijadikan sebagai bioskop, sesudah tidak dipergunakan lagi sebagai bioskop, bangunan ini dijadikan sebagai lapangan badminton dan gudang.

Bangunan ini terakhir dipergunakan sebagai bioskop tahun 1990.

Baca: Sejarah Cagar Budaya Makam Tuangku Badaruddin di Kota Pariaman

Deskripsi Arkeologis

Bangunan bekas Bioskop garuda berada di sisi kiri bangunan rumah gadang. Bangunan bioskop ini memiliki ukuran panjang 20 meter dengan lebar 18 meter.

Bangunan bioskop garuda merupakan ruang lepas dengan dinding yang terbuat dari kayu dan seng, dan lantai dari semen.

Atap dari bangunan ini dari seng dengan kuda-kuda dari kayu. Dinding bagian depan terbuat dari bata yang diplester dan diberi nama “BIOSKOP GARUDA”.

Bioskop ini sekarang dalam kondisi tidak terawat, dengan sebagai besar atap sudah jebol. Pintu masuk terdapat pada bagian depan dan samping bangunan.

Fungsi: Gudang, Bioskop

Sumber: BPCB Sumbar

Berita Lainnya

Index