Sejarah Cagar Budaya Eks Rumah Dinas Bupati Padang Pariaman di Kota Pariaman

Sejarah Cagar Budaya Eks Rumah Dinas Bupati Padang Pariaman di Kota Pariaman
Cagar Budaya Eks Rumah Dinas Bupati Padang Pariaman di Kota Pariaman.
SEMANGAT DATA - Eks Rumah Dinas Bupati Padang Pariaman menjadi salah satu cagar budaya tidak bergerak yang ada di Kota Pariaman, Sumatra Barat (Sumbar).

Eks Rumah Dinas Bupati Padang Pariaman tercatat sebagai cagar budaya di Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumbar dengan nomor inventaris 31/BCB-TB/A/07/2007.

Lokasi Eks Rumah Dinas Bupati Padang Pariaman ini tepatnya berada di Jalan Merdeka - Kelurahan Kampung Perak, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

Secara astronomis, cagar budaya ini berada di titik: S0° 37' 29.444" dan E100° 7' 2.785".

Baca: Sejarah Cagar Budaya Pillbox Jepang Kampung Jawa (Legiun Veteran) di Kota Pariaman

Sedangkan secara geografis, cagar budaya Eks Rumah Dinas Bupati Padang Pariaman berada di dataran rendah dengan ketinggian 3 mdpl serta dengan bentang lahan datar.

Eks Rumah Dinas Bupati Padang Pariaman ini memiliki luas bangunan 493 meter persegi yang berdiri di lahan 30 m x 35,5 m. Objek ini dapat diakses dengan kendaraan roda 4 dan 2.

Pemilik Eks Rumah Dinas Bupati Padang Pariaman adalah Pemko Pariaman, dan dikelola oleh Pemko Pariaman.

Sejarah atau Historis

Bangunan dibangun sekitar tahun 1800-an. Bangunan pada awalnya merupakan bangunan atau tempat tinggal Asisten Residen atau asisten wedana Padang Pariaman. Seiring perjalanan waktu bangunan ini dijadikan sebagai Rumah Dinas Bupati Padang Pariaman.

Baca: Sejarah Cagar Budaya Rumah Bagindo Ahmadin (Toko Lamun Ombak) di Kota Pariaman

Deskripsi Arkeologis

Bangunan ini memiliki bentuk dasar persegi, atap berbentuk limasan dengan bahan terbuat dari genteng yang terdapat tulisan pabrik pembuat genteng tersebut “STOOL PANNEN FABRIEK VAN ECHT”.

Ciri khas bangunan kolonial terlihat jelas pada bangunan ini yaitu berupa dinding yang tebal, serta pintu dengan bukaan yang besar dan pilar-pilar yang besar pada bagian beranda.

Fungsi

Bangunan ini berfungsi sebagai perkantoran.

Sumber: BPCB Sumbar

Berita Lainnya

Index