Sejarah Cagar Budaya Kompleks Pillbox Jepang Pasir di Kota Pariaman

Sejarah Cagar Budaya Kompleks Pillbox Jepang Pasir di Kota Pariaman
Cagar Budaya Kompleks Pillbox Jepang Pasir di Kota Pariaman
SEMANGAT DATA - Kompleks Pillbox Jepang Pasir menjadi salah satu cagar budaya tidak bergerak yang ada di Kota Pariaman, Sumatra Barat (Sumbar).

Kompleks Pillbox Jepang Pasir tercatat sebagai cagar budaya di Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumbar dengan nomor inventaris 18/BCB-TB/A/07/2007.

Lokasi Kompleks Pillbox Jepang Pasir ini tepatnya berada di Jalan Diponegoro Kampung Pondok I, Kelurahan Pasir, Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Secara astronomis, cagar budaya ini berada di titik: S0° 37' 25.513" dan E100° 7' 0.651".

Baca: Sejarah Cagar Budaya Pillbox Jepang Pauh di Kota Pariaman

Sedangkan secara geografis, cagar budaya Kompleks Pillbox Jepang Pasir berada di bentang lahan datar dengan ketinggian 17 mdpl.

Kompleks Pillbox Jepang Pasir ini memiliki luas bangunan 7,38 meter di lahan 7,38 meter persegi.

Kompleks Pillbox Jepang Pasir mudah dijangkau karena berada di pusat kota dan dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda 2 dan 4.

Pemilik Kompleks Pillbox Jepang Pasir adalah Pemkab Padang Pariaman, dan dikelola oleh Pemkab Padang Pariaman.

Sejarah atau Historis

Pillbox Jepang Pasir I merupakan salah satu dari sekian banyak bangunan pertahanan yang dibuat oleh tentara Jepang pada masa pendudukannya (1942-1945) di wilayah pesisir Barat Sumatera pada era Perang Dunia II.

Pillbox ini diperkirakan dibangun pada masa akhir kekuasaan Jepang 1944-1945, saat dimana tentara kekaisaran Jepang sudah mulai bersifat defensif (dari sebelumnya ofensif) guna mempertahankan daerah kekuasaan dari serangan Sekutu.

Baca: Sejarah Cagar Budaya Pillbox Jepang Kurai Taji di Kota Pariaman

Deskripsi Arkeologis

Pillbox Jepang Pasir I ini terdiri dari 2 Pillbox dengan jarak antar Pillbox sekitar 146 meter.

Pada dasarnya Pillbox ini masih saling menyatu dengan bangunan Pertahanan Jepang lainnya yang berada di pantai Pariaman.

Pillbox Jepang Pasir I berada di halaman rumah dinas Pemda Kabupaten Padang Pariaman.

Pillbox berbentuk bulat dengan diameter 4,7 m. Sedangkan pintu masuk terdapat di sisi timur. Pintu masuk ini berbentuk persegi panjang yang sekarang kondisi terpisah dengan pillbox.

Pada sisi barat dari Pillbox ini melesak disebabkan oleh tidak stabilnya tanah pada sisi tersebut akibat dari air genangan air yang menyebabkan tanah pada sisi tersebut menjadi amblas.

Pada bagian atas bungker terdapat lubang-lubang persegi sebagai ventilasi sebanyak empat buah.

Fungsi: Pertahanan

Sumber: BPCB Sumbar

Berita Lainnya

Index