Sejarah Cagar Budaya Makam Cindua Mato di Kabupaten Pesisir Selatan

Sejarah Cagar Budaya Makam Cindua Mato di Kabupaten Pesisir Selatan
Sejarah Cagar Budaya Makam Cindua Mato di Kabupaten Pesisir Selatan (FOTO: BPCB Sumbar)|Sejarah Cagar Budaya Makam Cindua Mato di Kabupaten Pesisir Selatan (FOTO: BPCB Sumbar)
HALONUSA.COM  - Makam Cindua Mato menjadi salah satu cagar budaya tidak bergerak yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar).

Makam Cindua Mato tercatat sebagai cagar budaya di Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumbar dengan nomor inventaris 03/BCB-TB/A/14/2007.

Lokasi Makam Cindua Mato ini tepatnya berada di Jalan Lubuk Sitepung Dusun, Jorong Lubuk Sitepung, Desa/Kelurahan Nagari Lunang, Kecamatan Lunang.

Secara astronomis, cagar budaya ini berada di titik: S 2° 15' 8.700" E 101° 7' 30.300".

Sedangkan secara geografis, situs cagar budaya Makam Cindua Mato Makam Cindua Mato terletak di dalam bentang alam dataran rendah dengan elevasi 30 Mdpl

Makam Cindua Mato ini memiliki luas bangunan 2,75 x 3,40 m (9,35 m²) lahan 14,60 x 17 m (248,2 m²).

Akses menuju lokasi makam cukup mudah, dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua ataupun empat hingga gerbang makam, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 50 m.

Pemilik Makam Cindua Mato adalah Keluarga/Keturunan Kaum Mandeh Rubiah dan dikelola oleh Keluarga/Keturunan Kaum Mandeh Rubiah dan BPCB Sumatera Barat.

Sejarah atau Historis

Cindua Mato merupakan salah satu tokoh legenda di Minangkabau.

Dia merupakan pengawal dari Dang Tuangku anak dari Bundo Kanduang atau anak dari Kambang Bandahari pembantu dari Bundo Kanduang.

Deskripsi Arkeologis

Makam ini berada ± 250 meter di sebelah selatan Rumah Gadang Mandeh Rubiah.

Makam ini terletak di dalam sebuah cungkup perlindungan. Cungkup ini berukuran panjang 3,21 meter, lebar 2,65 meter, dan tinggi 2,49 meter.

[caption id="attachment_20881" align="aligncenter" width="600"]Sejarah Cagar Budaya Makam Cindua Mato di Kabupaten Pesisir Selatan (FOTO: BPCB Sumbar) Sejarah Cagar Budaya Makam Cindua Mato di Kabupaten Pesisir Selatan (FOTO: BPCB Sumbar)[/caption]

Cungkup ini berada di dalam sebidang tanah yang diberi pagar besi.

Disekeliling situs Makam Cindua Mato berada didalam cungkup yang juga diberi pagar besi.

Nisan makam batu berbentuk bulat sedikit menonjol, Makam Cindua Mato berbentuk dua tingkat.

Dinding makam bagian tingkat kedua diberi batu-batu yang berukuran ± 8 cm, tingkat pertama ± 12 cm yang dicampur dengan pasir semen.

Fungsi

Fungsi lama : Pemakaman Fungsi sekarang : Pemakaman

Sumber: BPCB Sumbar

Berita Lainnya

Index