Sejarah Cagar Budaya Makam Raja-Raja Kerajaan Inderapura di Kabupaten Pesisir Selatan

Sejarah Cagar Budaya Makam Raja-Raja Kerajaan Inderapura di Kabupaten Pesisir Selatan
Sejarah Cagar Budaya Makam Raja-Raja Kerajaan Inderapura di Kabupaten Pesisir Selatan (FOTO: BPCB Sumbar)|Sejarah Cagar Budaya Makam Raja-Raja Kerajaan Inderapura di Kabupaten Pesisir Selatan (FOTO: BPCB Sumbar)
HALONUSA.COM  - Makam Raja-Raja Kerajaan Inderapura menjadi salah satu cagar budaya tidak bergerak yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar).

Makam Raja-Raja Kerajaan Inderapura tercatat sebagai cagar budaya di Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumbar dengan nomor inventaris 08/BCB-TB/A/14/2007.

Lokasi Makam Raja-Raja Kerajaan Inderapura ini tepatnya berada di Jalan Dusun Jorong Kampung Hulu Desa/Kelurahan Nagari Inderapura Kecamatan Airpura.

Secara astronomis, cagar budaya ini berada di titik: S 2° 5' 19.500"E 101° 2' 33.000".

Sedangkan secara geografis, situs cagar budaya Makam Raja-Raja Kerajaan Inderapura Makam terletak di dalam bentang alam dataran rendah dengan elevasi 13 Mdpl.

Makam Raja-Raja Kerajaan Inderapura ini memiliki luas bangunan 2,82 m x 1,88 m lahan 8 m x 16 m.

Keberadaan tidak jauh dari jalan raya dan dekat dengan pasar, untuk menuju ke situs Makam Raja-Raja Kerajaan Inderapura dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Pemilik Makam Raja-Raja Kerajaan Inderapura adalah Keluarga Keturunan Kerajaan Inderapura dan dikelola oleh Keluarga Keturunan Kerajaan Inderapura dan BPCB Sumatera Barat.

Sejarah atau Historis

Kerajaan Inderapura terletak di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat dan berbatasan dengan Provinsi Bengkulu dan Jambi.

Kerajaan ini adalah salah satu kerajaan islam yang ada di pulau sumatera dan pernah menjadi bawahan (vazal) Kerajaan Pagaruyung.

Namun dalam pemerintahaannya kerajaan ini berdiri sendiri dan bebas mengatur urusan pemerintahannya.

Pemakaman Raja-Raja Indrapura ini terkait dengan perkembangan Kerajaan Indrapura pada dahulunya yang berkembang sekitar abad ke-15 M.

Salah satu tokoh yang dimakamkan disini adalah Sultan Firmansyah, dengan nisan makam terbuat dari susunan bata yang diberi lepa.

Deskripsi Arkeologis

Kompleks makam ini telah bercungkup berukuran panjang 2,82 meter dan lebar 1,88 meter.

Dalam cungkup terdapat 3 buah makam, makam Sultan Firmansyah berada di tengah, disisi kiri-kanannya merupakan istri-istri beliau.

Makam Sultan Firmansyah sekelilingnya diberi pagar besi setinggi ± 70 cm.

[caption id="attachment_20939" align="aligncenter" width="600"]Sejarah Cagar Budaya Makam Raja-Raja Kerajaan Inderapura di Kabupaten Pesisir Selatan (FOTO: BPCB Sumbar) Sejarah Cagar Budaya Makam Raja-Raja Kerajaan Inderapura di Kabupaten Pesisir Selatan (FOTO: BPCB Sumbar)[/caption]

Nisan makam terbuat dari batu dengan pengerjaan sederhana, yang menarik masing-masing sisi terdapat 2 buah nisan, Nisan kecil dibagian dalam dan nisan besar dibagian luar.

Lingkungannya berupa pemakaman umum, jumlah makam yang terdapat di kompleks makam ini ± 30 buah makam.

Pagar untuk memasuki situs dari pagar yang hanya menggunakan kayu sudah diganti dengan pagar besi.

Fungsi

Fungsi awal: Pemakaman

Fungsi sekarang : Pemakaman, Pendidikan, Pariwisata

Sumber: BPCB Sumbar

Berita Lainnya

Index