Sejarah Cagar Budaya Pillbox Jepang Binasi I di Kota Pariaman

Sejarah Cagar Budaya Pillbox Jepang Binasi I di Kota Pariaman
Cagar Budaya Pillbox Jepang Binasi I di Kota Pariaman
SEMANGAT DATA - Pillbox Jepang Binasi I menjadi salah satu cagar budaya tidak bergerak yang ada di Kota Pariaman, Sumatra Barat (Sumbar).

Pillbox Jepang Binasi I tercatat sebagai cagar budaya di Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumbar dengan nomor inventaris 13/BCB-TB/A/07/2007.

Lokasi Pillbox Jepang Binasi I ini tepatnya berada di Puti Bungsu, Dusun Binasi, Desa Marunggi, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Secara astronomis, cagar budaya ini berada di titik: S0° 39' 31.559" dan E100° 8' 42.065".

Baca: Sejarah Cagar Budaya Pillbox Jepang Balai Ganting di Kota Pariaman

Sedangkan secara geografis, situs cagar budaya Pillbox Jepang Binasi I Dataran rendah (10 mdpl).

Pillbox Jepang Binasi I ini memiliki luas bangunan 27, 44 meter persegi yang berdiri di lahan seluas 27, 44 meter persegi. Pillbox Jepang Binasi I dapat diakses dengan roda 2 dan 4.

Pemilik Pillbox Jepang Binasi I adalah Keturunan Nurbima, dan belum dikelola.

Sejarah atau Historis

Pillbox Jepang Binasi I merupakan salah satu dari sekian banyak bangunan pertahanan yang dibuat oleh tentara Jepang pada masa pendudukannya (1942-1945) di wilayah pesisir Barat Sumatera pada era Perang Dunia II.

Pillbox ini diperkirakan dibangun pada masa akhir kekuasaan Jepang 1944-1945, saat di mana tentara kekaisaran Jepang sudah mulai bersifat defensif (dari sebelumnya ofensif) guna mempertahankan daerah kekuasaan dari serangan Sekutu.

Baca: Sejarah Cagar Budaya Makam Tuangku Badaruddin di Kota Pariaman

Deskripsi Arkeologis

Keletakan Pillbox Jepang Binasi I dan II berjarak antar objek sekitar 141 meter. Pillbox Jepang Binasi I berbentuk segi delapan tetapi panjang sisi-sisinya tidak sama.

Memiliki ukuran terpanjang 5,60 x 4,90 meter. Ada dua ukuran sisi pada bungker ini, sisi yang panjang dan sisi pendek masing-masing empat buah sehingga membentuk persegi empat yang memiliki sudut-sudut yang tumpul.

Pintu masuk berada di timur laut. Pillbox Binasi 1 berada di halaman rumah penduduk dan di pinggir jalan Puti Bungsu.

Fungsi

Pertahanan

Sumber: BPCB Sumbar

Berita Lainnya

Index