Sejarah Cagar Budaya Pillbox Jepang Kurai Taji di Kota Pariaman

Sejarah Cagar Budaya Pillbox Jepang Kurai Taji di Kota Pariaman
Cagar Budaya Pillbox Jepang Kurai Taji di Kota Pariaman
SEMANGAT DATA - Pillbox Jepang Kurai Taji menjadi salah satu cagar budaya tidak bergerak yang ada di Kota Pariaman, Sumatra Barat (Sumbar).

Pillbox Jepang Kurai Taji tercatat sebagai cagar budaya di Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumbar dengan nomor inventaris 15/BCB-TB/A/07/2007.

Lokasi Pillbox Jepang Kurai Taji ini tepatnya berada di Andam Dewi Kurai Taji, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Secara astronomis, cagar budaya ini berada di titik: UTM 47 M 0629895; 9929929.

Baca: Sejarah Cagar Budaya Pillbox Jepang Binasi I di Kota Pariaman

Sedangkan secara geografis, situs cagar budaya Pillbox Jepang Kurai Taji berada di dataran rendah (30 m DPL).

Pillbox Jepang Kurai Taji ini memiliki luas Bangunan 15,12 meter persegi, di lahan 30 x 40 meter (1.200 meter persegi). Pillbox Jepang Kurai Taji dapat diakses dengan kendaraan roda 2 dan 4.

Pemilik dan pengelola Pillbox Jepang Kurai Taji adalah Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah.

Sejarah atau Historis

Pillbox Jepang Kurai Taji merupakan salah satu dari sekian banyak bangunan pertahanan yang dibuat oleh tentara Jepang pada masa pendudukannya (1942-1945) di wilayah pesisir Barat Sumatera pada era Perang Dunia II.

Pillbox ini diperkirakan dibangun pada masa akhir kekuasaan Jepang 1944-1945, saat dimana tentara kekaisaran Jepang sudah mulai bersifat defensif (dari sebelumnya ofensif) guna mempertahankan daerah kekuasaan dari serangan Sekutu.

Baca: Sejarah Cagar Budaya Pillbox Jepang Balai Ganting di Kota Pariaman

Deskripsi Arkeologis

Pillbox ini berada di halaman panti asuhan, dan tepat di pinggir jalan kampung Kurai Taji. Kondisi saat ini sudah dilakukan penataan oleh panti asuhan.

Saat ini Pillbox tersebut seperti taman yang telah ditata oleh pihak panti. Pintu masuk terdapat di sisi timur laut dan telah diberi pintu teralis.

Fungsi

Pertahanan

Sumber: BPCB Sumbar

Berita Lainnya

Index