Sejarah Cagar Budaya Rumah Bagindo Ahmadin (Toko Lamun Ombak) di Kota Pariaman

Sejarah Cagar Budaya Rumah Bagindo Ahmadin (Toko Lamun Ombak) di Kota Pariaman
Rumah Bagindo Ahmadin (Toko Lamun Ombak) di Kota Pariaman.
SEMANGAT DATA - Rumah Bagindo Ahmadin (Toko Lamun Ombak) menjadi salah satu cagar budaya tidak bergerak yang ada di Kota Pariaman, Sumatra Barat (Sumbar).

Rumah Bagindo Ahmadin tercatat sebagai cagar budaya di Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumbar dengan nomor inventaris 29/BCB-TB/A/07/2007.

Lokasi Rumah Bagindo Ahmadin ini tepatnya berada di Jalan Diponegoro Tugu Perjuangan, Kelurahan Kampung Pondok, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

Secara astronomis, cagar budaya ini berada di titik: UTM 47 M 624584; 9931057.

Baca: Sejarah Cagar Budaya Gedung PLN (Kantor PLN Pariaman) di Kota Pariaman

Sedangkan secara geografis, Rumah Bagindo Ahmadin berada di dataran rendah (17 m DPL).

Rumah Bagindo Ahmadin ini memiliki luas bangunan 550 meter persegi dan berdiri di lahan 32 x 41 meter (1.312 meter persegi). Objek ini dapat diakses dengan kendaraan roda 4 dan 2.

Pemilik Rumah Bagindo Ahmadin adalah H Bagindo Ahmadin, dan dikelola oleh Gusmar (anak Bagindo Ahmadin).

Sejarah atau Historis

Bangunan ini dibeli oleh Bagindo Ahmadin sekitar tahun 1950-an, yang terdiri dari 2 bagian bangunan yaitu rumah dan toko.

Pada awalnya pemilik dan bangunan ini adalah etnis Cina Pariaman, yang pindah dari Pariaman.

Secara historis Bagindo Ahmadin berasal dari Sungai Limau, dengan orang tua laki-laki dari Simpang Apa.

Baca: Sejarah Cagar Budaya Toko Pariaman Optik di Kota Pariaman

Sejak kecil sudah mulai berdagang, dan pada tahun 1950an. mendirikan pabrik rokok dengan nama rokok Bintang Mas dan Nasional.

Sesudah mendirikan pabrik rokok, Bagindo Ahmadin beralih menjadi agen atau pedagang penyalur barang serba ada di Kota Pariaman. Bagindo Ahmadin lahir tahun 1924 dan meninggal tahun 1992 di Pariaman.

Deskripsi Arkeologis

Toko Lamun Ombak merupakan salah satu toko dari lima buah toko yang berada dalam bangunan pertokoan milik Bagindo Ahmadin. Bangunan ini berupa rumah toko yang terdiri tempat tinggal dan tempat berdagang.

Lantai pertama berfungsi sebagai toko, lantai kedua sebagai tempat tinggal, dan paling atas merupakan ruang terbuka yang dapat diberi atap, istilah saat ini untuk jenis bangunan tersebut adalah bangunan dua setengah lantai.

Rumah milik Bagindo Ahmadin yang berada di samping dan belakang ruko awalnya adalah milik orang Cina yang kemudian dibeli oleh Bagindo Ahmadin.

Fungsi

Bangunan ini kini berfungsi sebagai rumah dan toko.

Sumber: BPCB Sumbar

Berita Lainnya

Index