Sejarah Cagar Budaya Rumah Gadang Malayu Kampung Dalam (Rumah Gadang Kerajaan Rantau XII Koto) di Kabupaten Solok Selatan

Sejarah Cagar Budaya Rumah Gadang Malayu Kampung Dalam (Rumah Gadang Kerajaan Rantau XII Koto) di Kabupaten Solok Selatan (FOTO: BPCB Sumbar)
Sejarah Cagar Budaya Rumah Gadang Malayu Kampung Dalam (Rumah Gadang Kerajaan Rantau XII Koto) di Kabupaten Solok Selatan (FOTO: BPCB Sumbar)

HALONUSA.COM  – Rumah Gadang Malayu Kampung Dalam (Rumah Gadang Kerajaan Rantau XII Koto) menjadi salah satu cagar budaya tidak bergerak yang ada di Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat (Sumbar).

Rumah Gadang Malayu Kampung Dalam (Rumah Gadang Kerajaan Rantau XII koto) tercatat sebagai cagar budaya di Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumbar dengan nomor inventaris 11/BCB-TB/A/16/2007.

Bacaan Lainnya

Lokasi Rumah Gadang Malayu Kampung Dalam (Rumah Gadang Kerajaan Rantau XII Koto) ini tepatnya berada di Jalan Raya Sampu, Jorong Durian Taruang, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir.

Secara astronomis, cagar budaya ini berada di titik: S1°32’50.2″ E101°15’13.6″ (-1.547285, 101.253770*).

Sedangkan secara geografis, situs cagar budaya Rumah Gadang Malayu Kampung Dalam (Rumah Gadang Kerajaan Rantau XII Koto) berada di pinggir jalan raya Sampu dan dekat pemukiman di lahan datar.

Rumah Gadang Malayu Kampung Dalam (Rumah Gadang Kerajaan Rantau XII Koto) ini memiliki luas bangunan 22 x 8,5 m lahan 23 m x 33 m.

Berada di pinggir jalan raya Sampu dan dekat pemukiman di lahan datar, yang dapat di tempuh dengan kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat.

Pemilik Rumah Gadang Malayu Kampung Dalam (Rumah Gadang Kerajaan Rantau XII Koto) adalah Kaum Dt. Manjadi Rajo atau Puti Intan Jori dan dikelola oleh Kaum Dt. Manjadi Rajo atau Puti Intan Jori.

Pos terkait