Sejarah Situs Cagar Budaya Makam Syech Junjungan di Kabupaten Solok

Situs Cagar Budaya Makam Syech Junjungan di Kabupaten Solok
Situs Cagar Budaya Makam Syech Junjungan di Kabupaten Solok

SEMANGAT DATA – Makam Syech Junjungan menjadi salah satu situs cagar budaya yang ada di Kabupaten Solok, Sumatra Barat (Sumbar).

Makam Syech Junjungan tercatat sebagai cagar budaya di Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumbar dengan nomor inventaris 02/BCB-TB/A/15/2007.

Bacaan Lainnya

Lokasi Makam Syech Junjungan ini tepatnya berada di Jalan Syekh Junjungan Jorong Koto Tingga Nagari Sirukam Kecamatan Payung Sekaki Kabupaten/kota Kabupaten Solok.

Secara astronomis, cagar budaya ini berada di titik: S 00° 52’ 95,9’’ E 100° 45’02,4’’ dan 746 m dpl (-0.8933056100.750666*).

Sedangkan secara geografis, situs cagar budaya Makam Syech Junjungan berada dalam bentang lahan yang datar.

Makam Syech Junjungan ini memiliki luas bangunan 12 m2 (4 x 3 m), dan lahan 100 m2 (10 x 10 m).

Pemilik Makam Syech Junjungan adalah M Yunis Dt Sati, dan dikelola oleh BPCB Sumatera Barat. Untuk menuju lokasi dapat digunakan kendaraan roda empat dan dua.

Situs Cagar Budaya Makam Syech Junjungan di Kabupaten Solok

Sejarah atau Historis

Syech Junjungan adalah salah satu alim ulama yang menyebarkan agama Islam di daerah Kanagarian Solok dan Selayo. Ia menyebarkan agama Islam dibantu oleh istrinya yang bernama Ranggo Jali dengan gelar Niak Rubiah.

Syech Junjungan mempunyai nama asli Ahmad Sidik dengan gelar Junjungan Sati. Selain menyebarkan agama Islam, ia juga memajukan Nagari Sirukam dengan bertani dan membuat pengairan untuk mengairi sawah-sawah para petani.

Pos terkait