Sejarah Situs Cagar Budaya Makam Syekh Sihalahan di Kota Solok

Makam Syekh Sihalahan Kota Solok

SEMANGAT DATA – Makam Syekh Sihalahan menjadi salah satu situs cagar budaya yang ada di Kota Solok, Sumatra Barat (Sumbar).

Makam Syekh Sihalahan tercatat sebagai cagar budaya di Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumatra Barat (Sumbar) dengan nomor inventaris 03/BCB-TB/A/05/2007.

Bacaan Lainnya

Lokasi Makam Syekh Sihalahan ini tepatnya berada di Jalan Raya By-pass/Simp. Balai Koto Anau Dusun RT I / RW II Kel. Kampai Tabu Karambia Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok Provinsi Sumatera Barat.

Secara astronomis, cagar budaya ini berada di titik: S 00° 48’ 17,2’’ E 100° 39’ 30,3’’ dan 401 m dpl (0.804778  100.6584446*).

Sedangkan secara geografis, situs cagar budaya Makam Syekh Sihalahan bersebelahan dengan Surau Latiah dengan struktur lahan yang datar.

Makam Syekh Sihalahan ini memiliki luas Bangunan Cungkup (4 x 3 m), luas makam (2 x 1 m) dan berada di lahan 6,5 x 3,5 m.

Pemilik Makam Syekh Sihalahan adalah Ahli waris Syekh Sihalahan, dan dikelola oleh BPCB Sumatera Barat.

Untuk mencapai lokasi dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat dan dua. Yang berjarak ± 20 m dari jalan raya.

Sejarah atau Historis

Berdasarkan keterangan dari Nasril (Juru Pelihara dan keturunan Syekh Sihalahan) Syekh Sihalahan memiliki nama asli Husen Dt. Bandaro. Beliau lahir sekitar tahun 1852 di desa Tabu, Solok.

Pos terkait