Serapan Cadangan Beras Pemerintah Masih Minim, Bulog Dikejar Target

Serapan Cadangan Beras Pemerintah Masih Minim, Bulog Dikejar Target
ilustrasi beras bulog (Istimewa)
HALONUSA.COM - Serapan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dilakukan oleh Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) masih jauh dari target.

Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat serapan CBP yang dilakukan oleh Perum Bulog baru berada pada angka 480 ribu ton hingga Mei 2023.

"Masih jauh dari yang kita tugaskan kepada Bulog," kata Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi dalam keterangannya, Jumat 26 Mei 2023.

Ia mengatakan, untuk target yang diberikan kepada Perum Bulog hingga Juni 2023 sebanyak 2 juta ton dan saat ini masih berada pada angka yang sangat sedikit.

Meskipun begitu, ia meyakini akan ada panen-panen padi yang masih terjadi kedepan pada sejumlah daerah karena adanya perubahan cuaca.

"Tetapi karena ada perubahan cuaca kita akan ada panen-panen terus, yang ini yang kita monitor setiap waktu," katanya.

Menurutnya, saat ini harga rata-rata Gabah Kering Panen (GKG) di angka Rp5.500 per kilogram. Menurutnya besaran harga tersebut masih dalam kategori baik bagi petani.

Meskipun diketahui Harga Pembelian Pemerintah (HPP) untuk GKG di tingkat petani Rp5 ribu per kilogram. Ia berharap baiknya harga ini bisa memotivasi petani untuk terus memproduksi padi. (*)

Berita Lainnya

Index