Setahun Sosialisasikan Vaksinasi, Ini Capaian Vaksinasi Binda Sumatera Barat

Seorang warga Kota Padang melakukan vaksinasi booster di Masjid Raya Sumatera Barat (Foto: Halbert Caniago)
Seorang warga Kota Padang melakukan vaksinasi booster di Masjid Raya Sumatera Barat (Foto: Halbert Caniago)

HALONUSA.COM – Vaksinasi masih menjadi sesuatu hal yang penting didapatkan oleh masayarakat dewasa ini agar memiliki ketahanan tubuh jika terinveksi virus Covid-19.

Untuk mendekatkan vaksinasi, seluruh instansi di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) turun tangan untuk mendekatkan vaksinasi kepada masayarakat.

Bacaan Lainnya

Begitu pula yang dilakukan oleh Badan Intelijen Negara (BIN) yang berjibaku turun ke masayarakat untuk memberikan sosialisasi sekaligus mendekatkan vaksinasi.

“Kalau dihitung, sudah setahun lah kami melakukan vaksinasi ini,” kata Kepala Badan Intelijen Daerah (Kabinda) Sumatera Barat, Hendra saat diwawancarai Halonusa.com, Jumat (8/04/2022).

Selama setahun tersebut, banyak hal yang dilakukan oleh seluruh personel Binda Sumatera Barat agar masyaraat tidak takut untuk melakukan vaksinasi.

“Awalnya kami melihat ada satu hal yang tidak tersentuh selama pelaksanaan vaksinasi. Yaitu para datuak dan niniak mamak di Sumatera Barat ini,” lanjutnya.

Setelah memberikan pemahaman tentang vaksinasi Covid-19, akhirnya para niniak mamak dan datuak di Sumatera Barat mau melakukan vaksinasi sekaligus mensosialisasikan vaksinasi tersebut.

“Setelah kami coba, alhamdulillah capaian vaksinasi meningkat dengan cara seperti itu,” lanjutnya.

Hingga Maret 2022, Binda sudah membantu sebanyak 600 ribu masayarakat untuk mendapatkan vaksinasi pertama.

“Untuk vaksinasi kedua, kita sudah mencapai sekitar 150 ribu dan untuk vaksinasi booster masih sekitar 20 ribuan,” katanya.

Ia mengakui bahwa untuk mengajak masayarakat melakukan vaksinasi booster masih agak sulit karena beberapa alasan dan capaiannya masih belum terlalu maksimal.

Pos terkait