Setelah Gunung Semeru, Gunung Kerinci Alami Erupsi Hari Ini Selasa 6 Desember 2022

Ilustrasi, Gunung Api Kerinci Erupsi (Foto : MAGMA)
Ilustrasi, Gunung Api Kerinci Erupsi (Foto : MAGMA)

HALONUSA.COM – Setelah Gunung Semeru, Gunung Api Kerinci juga mengalami erupsi pada Selasa 6 Desember 2022 sekitar pukul 08.22 WIB.

Dilansir dari laman magma.esdm.go.id, gunung tertinggi di Sumatera tersebut menyemburkan awan gelap di bagian puncaknya.

“Terjadi erupsi Gunung Kerinci pada hari Selasa, 06 Desember 2022, pukul 08:22 WIB dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 700 meter di atas puncak,” tulis petugas yang melaporkan di website resmi pemerintah, Irwan Safwan.

Bacaan Lainnya

Kolom abu tersebut teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah barat daya. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 3 mm dan durasi 60 detik.

Berikut rekomendasi yang diberikan agar masyarakat di sekitar gunung lebih berhati-hati.

1. Masyarakat disekitar gunungapi kerinci dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada dipuncak gunungapi kerinci didalam radius 3 km dari kawah aktif (masyarakat dilarang beraktifitas didalam radius bahaya/KRB III).

2. Sebaiknya jalur penerbangan disekitar gunungapi kerinci dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan. (*)

Pos terkait