Siapa Itu Khilma Anis Penulis Novel Hati Suhita? Ini Profil dan Biodatanya

Siapa Itu Khilma Anis Penulis Novel Hati Suhita? Ini Profil dan Biodatanya
Khilma Anis penulis novel Hati Suhita. (Foto: Instagram @khilma_Anis)
HALONUSA.COM - Baru-baru ini novel Hati Suhita menjadi novel yang ramai dicari oleh warganet, apalagi karya dari penulis Khilma Anis itu kini dijadikan sebuah film.

Namun hingga saat ini kapan tayang film Hati Suhita itu belum diketahui dengan pasti, sebab belum ada informasi terkait jadwal resminya.

Nah, untuk kamu yang penasara dengan sosok Khilma Anis, baca artikel ini hingga selesai, sebab ada profil dan biodata lengkapnya.

Novel Hati Suhita karya Khilma Anis adalah sebuah novel yang bertujuan untuk pembaca agar tidak hanya mendapatkan gambaran kritis tentang kepribadian seorang perempuan, namun juga pengetahuan tentang kedudukan perempuan dalam struktur masyarakat yang seakan ditentang keras.

Stereotip perempuan yang direpresentasikan di masyarakat sebagai makhluk lemah, tidak memiliki kecerdasan, dan cenderung pasif.

Dalam novel tersebut, perempuan tidak hanya dihadirkan sebagai sosok yang cerdas, tetapi juga sebagai sosok yang berkepribadian kuat dan memiliki keberanian untuk mengaktualisasikan diri di masyarakat.

Namun hal tersebut, bukan berarti dalam novel Hati Suhita tidak terdapat problematika gender. Akan tetapi problematika gender yang terjadi dalam novel Hati Suhita diseimbangkan dengan adanya sikap teguh seorang perempuan yang tersirat dalam novel tersebut.

[caption id="attachment_45215" align="alignnone" width="521"]Link Baca Novel Hati Suhita Format PDF Karya Khilma Anis Novel Hati Suhita Karya Khilma Anis. (Foto: Goodreads)[/caption]

Siapa Sosok Khilma Anis?


Khilma Anis Wahidah atau yang lebih dikenal dengan nama Khilma Anis, ia lahir di Jember, pada tanggal 04 Oktober 1986.

Khilma merupakan putri dari pasangan Lukman Yasir dan Hamidah Sri Winarni, serta istri dari Chazyal Mazda Choirizyad Tajussyarof.

Khilma juga dikaruniai dua orang buah hati yaitu Rasyiq Nibras dan Nawaf Mazaya.

Khilma Anis mengawali dunia menulisnya di majalah SUSANA (Suara Santri Assaidiyah) Tambakberas, Jombang.

Dia juga menjadi redaktur di majalah ELITE (majalah siswa-siswi MAN Tambakberas, Jombang) dan juga pemimpin redaksi majalah KRESIBA (Kreativitas Siswa-siswi Jurusan Bahasa) di sekolah dan pesantren Assaidiyah, Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang.

Novel pertama Khilma Anis terbit pada tahun 2008 berjudul Jadilah Purnamaku, Ning.

Pada tahun 2018 Khilma Anis merilis novel keduanya yang berjudul Wigati: Lintang Manik Woro, novel tersebut menceritakan tentang keris, pesantren, dan dunia batin perempuan Jawa.

Dan novel Hati Suhita yang terbit pada tahun 2019 merupakan karya novel Khilma Anis yang ketiga.

Pada bulan Mei 2019, novel Hati Suhita sudah menembus cetakan kesebelas, dan akan ada buku kedua.

Kecintaan Khilma Anis pada dunia wayang, keris, serat, babad, dan cerita kolosal membuat tulisannya juga terasa khas berisi dunia batin perempuan Jawa.

Karya-karya Khilma Anis juga sangat lekat dengan suasana pesantren, karena Khilma Anis sejak kecil memang tumbuh di pesantren.

Tujuan Khilma Anis menulis novel Hati Suhita adalah untuk menggerakkan para perempuan, baik remaja maupun ibu-ibu untuk membangun ekonomi kreatif serta terbiasa membaca dan menulis.

Disamping alasan tersebut, tujuan utama Khilma Anis adalah ingin membagi ilmu tentang pentingnya sikap Mikul Duwur Mendem Jeru, menyadarkan orang-orang bahwa ilmu dalam hidup itu banyak yang terlupakan, salah satunya adalah metode sikap tersebut.

Mikul Duwur Mendem Jeru mempunyai arti memikul tinggi, mengubur dalam-dalam. Peribahasa ini adalah nasihat agar menjunjung tinggi kehormatan orang tua dan menjaga nama baik orang tua.

Namun saat ini, sikap Mikul Duwur Mendem Jeru tidak hanya ditujukan kepada orang tua, tetapi juga kepada pemimpin seperti suami.

Maksud dari peribahasa tersebut adalah seorang anak harus menjaga dan melindungi aib dan cela orang tua agar tidak diketahui oleh orang lain. Dan jangan sampai si anak yang menyebakan aib dan cela bagi orang tuanya.

Biodata Khilma Anis


Nama lengkap: Khilma Anis Wahidah

Nama populer: Khilma Anis

Tempat tanggal lahir: Jember, 04 Oktober 1986

Orang tua: Lukman Yasir dan Hamidah Sri Winarni

Suami: Chazyal Mazda Choirizyad Tajussyarof

Anak: Rasyiq Nibras dan Nawaf Mazaya

Karya:

- Novel pertama (Jadilah Purnamaku, Ning)
- Novel kedua (Wigati: Lintang Manik Woro)
- Novel ketiga (Hati Suhita)

Instagram: @khilma_anis

Demikian profil dan biodata lengkap Khilma Anis penulis dari novel Hati Suhita yang kini di adopsi menjadi sebuah film dengan judul yang sama. (*)

Berita Lainnya

Index