Siapa Perancang Logo KORPRI (29 November), Lengkap Sejarah Makna dan Seragam PNS

HUT KORPRI 29 November, Sejarah dan Panca Prasetya KORPRI
HUT KORPRI

HALONUSA.COM – Hari Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) dalam tutur sejarah dibentuk pada 29 November 1971 oleh Presiden Soeharto pada masa menjabat pada masa Orde Baru (Orba).

Lalu siapakah perancang logo KORPRI yang melekat pada seragam Aparatur Sipil Negara atau Pegawai Sipil Negara (ASN/PNS). Desainer lambang KORPRI merupakan seorang pelukis yang bernama Aming Prayitno.

Bacaan Lainnya

Aming Prayitno memenangkan lomba merancang logo KORPRI yang diperingati setiap 29 November, saat itu Aming Prayitno memenangkan lomba desain lambang KORPRI dengan membawa uang tunai Rp 50 ribu beserta piagam penghargaan Nomor Peng. 02/K.III/wan/73 tertanggal 6 Maret 1973.

Penyelenggara lomba desain lambang Korpri pada masa itu ialah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia setelah memasuki tahun kedua KORPRI dengan dewan juri Koesnadi, pelukis sekaligus kritikus seni rupa.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI saat menggelar Lomba desain logo KORPRI secara masif memanggil para pelukis dari berbagai daerah termasuk Jakarta dan Bandung pada masa itu. Selain Aming Prayitno, seniman lainnya juga ikut kompetisi, sebut saja Suharto PR.

Lambang Korpri kemudian dibatik-kan seperti yang terlihat pada seragam Pegawai Negeri Sipil (PNS), logo KORPRI tersebut merupakan perpaduan sekumpulan tanda atau simbol pohon hayat (Kalpataru) dan secara siluet menggambarkan sebuah rumah terdiri lima (5) tiang yang  melambangkan dasar negara, Pancasila.

Pos terkait