SPFC Kenalkan Zulkifli Kosepa, Orbitkan Putra Daerah, Hentikan Buru Pemain hingga Ujicoba di Payakumbuh

Logo Semen Padang FC
Logo Semen Padang FC. | Foto: Bola.com

HALONUSA.COM – Semen Padang Football Club (SPFC) terus menambah amunisinya dengan mendatangkan sejumlah pemain yang disiapkan di berbagai posisi dalam menghadapi berbagai posisi.

Terbaru, ‘Kabau Sirah’ (julukan) SPFC mendaratkan Zulkifli Kosepa yang berposisi sebagai bek kiri.

Bacaan Lainnya

Zulkifli Kosepa menjadi rekrutan ke-24 tim Semen Padang FC dan pemain asal Papua ketiga setelah Vendry Mofu dan Samuel Reimas.

Selain menjadi bek kiri, Kosepa sapaan akrab pemain kelahiran Bintuni, Papua ini juga bisa bermain sebagai penyerang sayap kiri.

“Kehadiran Kosepa diharapkan mampu memperkuat baik lini pertahanan maupun lini serang tim Semen Padang FC menghadapi Liga 2 2022 nanti,” kata Pelatih Kepala SPFC, Delfiadri, Minggu (19/6/2022).

“(Zulkifli) Kosepa kami datangkan untuk menambah kekuatan di sektor bek kiri yang saat ini diisi oleh Yoga Novriandre. Dengan adanya Kosepa tentu kami ingin melihat persaingan positif dari kedua pemain ini untuk memberikan yang terbaik untuk mengisi line-up tim,” sambungnya.

Baca juga: Semen Padang FC Kembali Rekrut Vendry Ronaldo Mofu dan Percayakan Anak Payakumbuh Jaga Pertahanan

Kosepa sebelumnya mempunyai pengalaman juga membela Persipura Jayapura sampai 2019. Meski lama tak bermain, dia kita lihat mampu menunjukkan kemampuannya dan bisa beradaptasi dengan baik dengan seluruh punggawa Kabau Sirah.

Kosepa sendiri merasa bersyukur bisa membela tim besar seperti Semen Padang FC. Apalagi ini menjadi pertama kalinya Kosepa bermain dengan tim diluar Papua.

“Saya memiliki keinginan bermain di luar Papua. Alhamdulillah keinginan itu terwujud dengan membela Semen Padang FC. Saya tentunya bangga karena tim ini bagus dan berprestasi,” ujarnya.

Pemain baru Semen Padang FC, Zulkifli Kosepa. (Foto: Dok. Media Officer SPFC)
Pemain baru Semen Padang FC, Zulkifli Kosepa. (Foto: Dok. Media Officer SPFC)

Kosepa juga memiliki tekad yang kuat untuk mampu membuktikan diri bisa memberikan yang terbaik untuk tim SPFC. Apalagi pemain yang menjadi idola dan panutannya adalah legenda SPFC, Erol Iba.

“Sangat menyenangkan saya membela tim yang juga pernah dibela panutan saya, kaka Erol Iba. Saya memiliki posisi sama dengan kaka Erol yaitu bek kiri. Saya berharap bisa sukses seperti kaka Erol Iba di SPFC,” sambungnya.

“Mohon dukungan dan supportnya semuanya semoga kedatangan saya bisa membantu tim promosi tahun depan,” katanya.

Orbitkan Pemain Lokal

Tak hanya mendarakan Zulkifli Kosepa, SPFC juga menambah amunisi dari pemain lokal yang mengikuti seleksi dari beberapa waktu lalu.

Hasilnya, empat pemain muda potensial Ranah Minang resmi menjadi bagian skuad SPFC untuk mengarungi kompetisi Liga 2 2022.

Empat pemain yang mampu memikat hati tim pelatih Semen Padang FC itu adalah, Muhammad Zaky (Kiper, 19 tahun) musim lalu memperkuat Belitung FC di Liga 3.

Baca juga: Alasan Pandi Ahmad Lestaluhu Gabung ke Semen Padang FC, Bukan Sekedar Klub Besar dan Legenda

Muhammad Hanif Mahdi, 21 tahun, (Bek Tengah) sebelumnya bermain untuk PSP Padang di Liga 3). Kemudian, Agung Saputra, 23 tahun (Gelandang) yang sebelumnya pernah membela SPFC U-20 di tahun 2019.

Rori Pranandi Putra, 24 tahun (Penyerang) yang terakhir bermain untuk membela PSP Padang di Liga 3. Dengan demikian total saat ini skuad Semen Padang FC berjumlah 28 pemain.

Keempat pemain ini masuk menjadi bagian program pembinaan tim Semen Padang FC. Tidak menutup kemungkinan mereka mampu menembus skuad inti seperti yang dilakukan Genta Alparedo dan Dwi Geno Novriansyah jika mampu membuktikan diri layak untuk bermain sebagai pemain utama.

“Masuknya empat pemain ini dalam pembinaan, kami harapkan mereka terus bisa berkembang. Harapan kami tentunya mereka bisa terus meningkatkan diri, apalagi mereka putra daerah, masih muda dan punya talenta untuk menjadi pemain andalan,” ujar Delfiadri.

Pihaknya ingin menantang diri pemain lokal tersebut untuk menjadi lebih baik dan semakin matang.

Pasalnya, tidak menutup kemungkinan mereka menjadi pilihan utama jika mampu membuktikan diri.

“Tapi yang jelas, tujuan kami untuk mereka pemain-pemain muda ini bisa menjadi andalan klub di musim-musim selanjutnya,” katanya.

Baca juga: Semen Padang FC Terus Tambah Komposisi Tim, Ini Daftar Terbaru Pemain yang Didatangkan dan Posisinya

Delfiadri juga memberikan pesan khusus kepada pemain – pemain muda yang saat ini dapat kesempatan membela SPFC.

“Mereka semua harus disiplin, kerja keras dan harus memiliki mentaliti latihan yang kuat. Apalagi SPFC adalah tim impian setiap anak Sumbar yang ingin berkarir profesional di dunia sepakbola. Sama halnya dengan saya dulu,” sambungnya.

Dengan perkenalan empat pemain muda lokal ini, untuk sementara SPFC sudah menghentikan perburuan pemain.

Saat ini tim akan fokus untuk tahap persiapan khusus termasuk melakukan ujicoba dengan tim-tim liga 3, liga 2 dan liga 1.

“Saat ini kita rasa (memburu) pemain sudah cukup. Nanti akan kami evaluasi lagi setelah kami menjalankan laga ujicoba dalam persiapan khusus kita. Nantinya kami lihat apakah ada penambahan, posisi mana yang perlu ditambahkan atau cukup dengan skuad saat ini,” tutur Delfiadri.

Ujicoba ke Payakumbuh

Setelah intensif melakukan perekrutan pemain dan persiapan umum tim hampir satu bulan, SPFC kembali mengagendakan laga ujicoba dalam rangka persiapan menghadapi Liga 2 2022.

Ujicoba kali ini, Rosad Setiawan cs menuju Kota Payakumbuh.

Selama di Payakumbuh SPFC menjalani dua laga ujicoba di lapangan BBS Batu Balang, Kecamatan Harau.

Di laga pertama SPFC menghadapi Gasliko 50 Kota, Senin (20/6/2022) dan BBS FC Selection, pada Selasa (21/6/2022). Tim SPFC sudah berada di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota pada Minggu (19/6/2022).

Dua dari sejumlah pemain yang direkrut Semen Padang FC. (Foto: Dok. Media Officer SPFC)
Dua dari sejumlah pemain yang direkrut Semen Padang FC. (Foto: Dok. Media Officer SPFC)

Delfiadri mengatakan ujicoba dilakukan untuk melihat sejauh mana para pemainnya memahami dan menjalankan latihan yang sudah diberikan tim pelatih selama ini.

“Setelah kita menjalani fase latihan umum hampir empat minggu lamanya, kami agenda kan ujicoba ke Payakumbuh. Tujuannya kami ingin melihat sejauh mana pemain bisa mengaplikasikan latihan-latihan yang sudah diberikan,” ujarnya.

“Kami tahu lawan yang akan di hadapi adalah tim-tim liga 3. Kami akan kombinasikan beberapa taktik dan strategi. Kami lihat strategi mana yang cocok untuk diterapkan di tim kami,” tambahnya.

Baca juga: Sempat Ikuti Latihan dan Tes Kesehatan, Tri Rahmad Priadi Malah Mundur dari Semen Padang FC

Dalam laga ujicoba kali ini hasil skor akhir bukan tujuan dari tim pelatih.

“Lebih kepada cara bermain, taktik bermain yang ingin kami lihat dari anak-anak nanti. Skor akhir pertandingan tidak akan menjadi patokan utama kami,” ungkapnya.

Seusai ujicoba dari Payakumbuh nanti, tim pelatih juga sudah menjadwalkan ujicoba lanjutan ke pulau Jawa.

Hal ini dilakukan untuk semakin mematangkan persiapan tim menuju Liga 2 2022.

“Sepulang dari Payakumbuh nanti kami agendakan Training Camp (TC) dan ujicoba ke Jawa. Kami akan menghadapi tim-tim Liga 3, Liga 2 dan Liga 1 secara bertahap (dilakukan) selama kita disana nanti,” pungkasnya.

Biodata Zulkifli Kosepa
Tempat lahir: Bintuni, Papua
Tanggal lahir: 30 Oktober 1995
Tinggi badan: 167 sentimeter
Berat badan: 55 kilogram
Posisi : Bek kiri dan Sayap kiri

Karir Klub:
2016 : Persipura U-21 (ISC U-21)
2017 : Persintan (Liga 3)
2018 – 2019 : Persipura Jayapura

Profil empat pemain muda pembinaan Semen Padang FC

1.Muhammad Zaki
Tempat lahir : Bandar Lampung
Tanggal lahir : 1 November 2003
Tinggi : 187 sentimeter
Berat badan : 75 kilogram
Posisi : Kiper
Klub Terakhir : Belitung FC

2. Muhammad Hanif Mahdi
Tempat lahir : Padang
Tanggal lahir : 24 Juli 2001
Tinggi : 179 sentimeter
Berat badan : 70 kilogram
Posisi : Bek Tengah
Klub terakhir : PSP Padang dan Gasliko 50 Kota

3. Agung Saputra
Tempat Lahir : Padang
Tanggal Lahir : 18 April 1999
Tinggi : 160 sentimeter
Berat badan : 56 kilogram
Posisi : Gelandang Bertahan
Klub terakhir : Jakarta United (Liga 3)

4. Rori Pranandi Putra
Tempat lahir : Padang
Tanggal lahir : 21 Juni 1998
Tinggi : 172 sentimeter
Berat badan : 66 kilogram
Posisi : Striker
Klub terakhir : PSP Padang (Liga 3)

(*)

Pos terkait