Inilah Penampakan Terkini Jalan Tembus Bayang - Alahan Panjang

Inilah Penampakan Terkini Jalan Tembus Bayang - Alahan Panjang
Jalan Tembus Bayang - Alahan Panjang. (Foto: SS Instagram @pecinta_alamminang)
HALONUSA.COM - Penampakan terkini jalan tembus yang menghubungkan Kabupaten Pesisir Selatan dengan Alahan Panjang di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Jumat, 16 Juni 2023.

Jalan Tembus Bayang - Alahan Panjang dikabarkan masih dalam proses pengerjaan.

Ruas jalan tembus Bayang - Alahan Panjang ini merupakan salah satu akses untuk mempersingkat jarak antara Kabupaten Solok dengan Kabupaten Pesisir Selatan.

Dari informasi yang beredar di akun Instagram @pecinta_alamminang dilansir Halonusa.com, jalan tembus Bayang - Alahan Panjang sepanjang 52 kilometer (km) tampak sudah selesai dikerjakan.

Ruas jalan tersebut cukup besar diperkirakan bisa dilintasi 2 kendaraan roda empat dari arah berlawan arah.

Aspal jalannya masih sangat mulus namun masih ada bekas tanah di tepi jalan.

Dipinggir jalan juga dipenuhi oleh pohon besar yang menambah kesejukan udara di kawasan tersebut.

Untuk medan jalan terlihat cukup ekstrim karena memiliki tanjakan dan tikungan tajam maka dibutuhkan keahlian pengendaraan untuk melewati lokasi tersebut.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengatakan bahwa Pemprov Sumbar sudah menganggarkan sebesar Rp31 miliar untuk menyelesaikan fisik jalan tembus yang masih tersisa 8 kilometer (km) lagi total panjang jalan sekitar 52 km.

"Jika jalan tembus ini rampung, otomatis akan memperpendek jarak antara 2 kabupaten dari awalnya sekitar 139 kilometer dengan waktu tempuh 3,5 jam menjadi 52 kilometer dengan waktu tempuh hanya sekitar 30 menit," katanya.

Mahyeldi menyebutkan, jalan tembus ini memiliki nilai strategis untuk perekonomian daerah. Ikan laut segar dari Pesisir Selatan akan lebih cepat sampai di Kabupaten Solok. Begitu juga cabai dan sayuran dari Solok juga lebih cepat sampai di Pesisir Selatan.

"Otomatis perekonomian dua daerah semakin menggeliat dan harga juga bisa ditekan karena memangkas biaya transportasi," ujarnya saat meninjau jalan tembus Alahan Panjang-Bayang dengan motor trabas beberapa waktu lalu. (*)

Berita Lainnya

Index