Tahanan Lapas Lubuk Basung Agam Meninggal Gantung Diri di Kamar Mandi, Ditemukan Sesama WBP

Tahanan Lapas Lubuk Basung Agam Meninggal Gantung Diri di Kamar Mandi, Ditemukan Sesama WBP
Ilustrasi gantung diri. (Foto: Dok. Pixabay)
HALONUSA.COM - Seorang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lubuk Basung, Kabupaten Agam ditemukan meninggal gantung diri di kamar mandi.

Tahanan yang bernama Rika Yuli Afrianto, 28 tahun tersebut ditemukan tak bernyawa pada Jumat (18/3/2022) siang oleh seorang tahanan pendamping (tamping).

Warga Padang Koto Gadang, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam tersebut ditemukan meninggal dunia dengan leher terlilit dengan kain di kamar mandi.

"Kejadian itu saat Komandan Rupam II sedang menghitung penghuni kamar yang berjumlah 10 orang, ternyata Rika tidak ada," kata Kepala Lapas Kelas IIB Lubuk Basung, Suroto dinukil dari laman Sumbarfokus.com.

Komandan Rupam II yang bernama Herik Swita Dharma tersebut, kata Suroto kemudian dibantu tamping kebersihan blok yang bernama Muhammad Budiman membantu mencari Rika.

"Tamping tersebut menemukan korban dalam keadaan leher terlilit kain tergantung di kamar mandi bak besar Blok B Lapas," ungkap Suroto.

Belum diketahui penyebab pasti tahanan tersebut meninggal dengan kondisi mengenaskan.

Sementara itu, Kepala Divpas Kanwil Kemenkumham Sumbar, Muhammad Ali Syeh Banna membenarkan peristiwa tersebut.

Namun, Ali menyerahkan penanganan kejadian tersebut kepada Kepala Lapas Kelas IIB Lubuk Basung, Suroto atau Polres Agam.

"Iya ada narapidana bunuh diri. Untuk jelasnya bisa menghubungi Kepala Lapas (Kelas IIB) Lubuk Basung atau Kepolisian (Resor) Agam yang menangani," katanya.

Kepala Lapas Kelas IIB Lubuk Basung, Suroto, belum merespons pesan singkat Halonusa.com hingga berita ini dirampungkan. (*)

Berita Lainnya

Index