Terancam Punah, Hewan Langka Kelinci Sumatera (Nesolagus Netscheri) Ditemukan di Saniangbaka Solok

Terancam Punah, Hewan Langka Kelinci Sumatera (Nesolagus Netscheri) Ditemukan Kembali di Saniangbaka Solok (Foto: Belukar/Ade Yuandha/Klikkoran)
Hewan langka Kelinci Sumatera (Nesolagus Netscheri) berada di dalam kandang dengan pengawasan sementara di basecamp tim Belukar, Nagari Saniangbaka, X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Rabu, 8 Juni 2022(Foto: Belukar/Ade Yuandha/Klikkoran)

Ernita mulanya mengira kalau Kelinci itu babi hutan atau musang saat ia berada di Aia Tumbuk, kawasan hutan Bukik Sawah Gadang, wilayah pegunungan Bukit Barisan Sumatera.

Keterancaman Kelinci Sumatra semakin tampak, serupa dengan satwa lainnya semakin tampak, mulai dari konflik manusia hingga konflik hutan terkait pengalihan fungsi hutan menjadi lahan perkebunan maupun permukiman.

Kelinci Sumatra salah satu hewan yang termaktub dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Dilindungi dan perlindungan itu pada poin ke-72. (*)

Bacaan Lainnya

Pos terkait