[Terbongkar] Ini Motif Perampok di Kuranji Padang yang Tega Bunuh Majikan, Karena

[Terbongkar] Ini Motif Perampok di Kuranji Padang yang Tega Bunuh Majikan, Karena
Tiga dari enam pelaku perampokan di Kuranji Padang saat diamankan di Polresta Padang, Jumat (5/11/2021). (Foto: Muhammad Aildil)|Polisi menunjukkan tiga pelaku perampokan lainnya yang masih diburu. (Foto: Muhammad Aidil)
HALONUSA.COM - Perampok di Kuranji, Padang yang dengan bengis menghabisi nyawa korban kini mendekam di Polresta Padang untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Baru-baru ini Tim Klewang Polresta Padang menangkap tiga otak pelaku rampok setelah berkoordinasi dengan tim Polda Sumatera Selatan (Sumsel).

Polisi kemudian membeberkan motif perampokan yang dilakukan enam pelaku rampok di Padang yang menghabisi nyawa korban.

Salah seorang pelaku rampok EN, merupakan asisten rumah tangga mengaku jika dirinya pulang kampung terlebih dahulu sebelum melakukan aksi perampokan di rumah majikannya di Kuranji.

Selama di kampung halaman di Sumatera Selatan (Sumsel) ternyata EN mencari orang-orang yang memiliki kemampuan untuk merampok dan tidak meninggalkan jejak.

EN kemudian baku kontak dengan RF, Satpam rumah pengusaha LPG, yang selama ini memberi mereka upah atau gaji.

Tanpa ragu RF pun memberikan peta isi rumah kepada EN. Sehingga memudahkan eksekutor untuk merampok.

"Semua telah mereka skenariokan jauh hari, bahkan eksekutor pun telah berada di Padang selama seminggu. Bisa jadi membaca situasi dan ini kami sedang dalami," kata Kapolresta Padang, Kombes Pol Imran Amir, Jumat (5/11/2021) di Padang.

Sambung Imran, para eksekutor ini pun dijemput satu persatu oleh Satpam RF ke tempat kejadian perkara (TKP).

"Ya, ia (RF) memakai sepeda motor jemput satu-satu para pelaku. Jadi mereka itu lansir satu per satu," kata Kombes Imran.

Strategi Dirancang sejak Idul Fitri



Setelah memastikan aman terkendali di tempat kejadian perkara (TKP) dan mereka pun beraksi, sebut Kapolresta Padang, Kombes Pol Imran Amir kepada wartawan di Padang.

Kombes Pol Imran Amir menjelaskan, skenario perampokan di rumah pengusaha LPG di Kuranji telah dirancang sejak Idulfitri.

"Strategi ini telah mereka rancang sejak lebaran atau Idul Fitri," katanya.

Sambunghya setelah strategi para pelaku rampok ini matang, mereka pun melancarkan tindak kriminal itu pada 23 Oktober 2021.

Ternyata selain mengambil barang korban, pemilik rumah juga terbunuh oleh mereka dan kasus meninggalnya pemilik rumah sedang diselidiki penyidik.

"Kami sudah menangkap dalang dari perampokan terhadap pengusaha LPG di Padang, dan tiga lainnya sedang diburu Tim Klewang," tutur Imran Amir.

Sementara motif dibalik aksi perampokan karena hal sepele, yakni sakit hati, sambung Imran.

[caption id="attachment_16442" align="aligncenter" width="816"]Polisi menunjukkan tiga pelaku perampok Kuranjui Padang lainnya yang masih diburu-Kapolri-Imran Amir-Tim Klewang Padang Polisi menunjukkan tiga pelaku perampokan lainnya yang masih diburu.[/caption]

"Ya karena sakit hati, yang ini kemudian membuat EN, salah satu pelaku rampok pulang kampung dan mencari eksekutor," terang Kombes Imran Amir.

Sejumlah barang bukti juga telah disita polisi dari tangan para pelaku, seperti satu unit sepeda motor, tali, selimut dan juga pisau.

Sementara tiga (3) pelaku rampok lainnya telah masuk daftar pencarian orang (DPO) dan sedang diburu juga oleh tim Polda Sumatera Selatan (Sumsel).

"Kami tetap berkoordinasi dengan Polda Sumsel untuk menangkap tiga pelaku rampok lainya, dan kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk membantu kerja kepolisian baik di Padang maupun di Sumsel," tutup Imran Amir di hari Jumat keramat. (*)

Berita Lainnya

Index