Terima Suap, Mantan Penyidik KPK Dihukum 11 Tahun Penjara

Stephanus Robin Pattuju sesudah menerima vonis di Pengadilan
Stephanus Robin Pattuju sesudah menerima vonis di Pengadilan (istimewa)

HALONUSA.COM – Mantan Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Stephanus Robin Pattuju yang diduga menerima suap dalam pengurusan sebuah perkara yang ditangani, divonis hukuman 11 tahun penjara.

Selain vonis hukuman, Stephanus juga diharuskan membayar denda sejumlah Rp500 juta, ditambah kewajiban membayar uang pengganti senilai Rp2.322.577.000 subsider 6 bulan kurungan.

Bacaan Lainnya

Selain Stephanus, pengacara Maskur Husain juga langsung divonis hukuman selama 9 tahun penjara dan denda sebanyak Rp500 juta subsider 6 bulan kurungan.

“Menjatuhkan pidana oleh karena itu terhadap terdakwa Stephanus Robin Pattuju dengan pidana penjara selama 11 tahun dan pidana denda sejumlah Rp500 juta subsider 6 bulan kurungan,” kata hakim Djuyamto saat membacakan amar putusan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu, (12/ 1/ 2022)

Putusan itu diambil hakim karena dinilai Robin terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi seperti yang didakwakan.

“Mengadili, 1. Menyatakan Terdakwa Stephanus Robin pattuju telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dalam dakwaan pertama melanggar pasal 12 huruf a junto pasal 18 undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah dengan undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas undang-undang Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi junto pasal 55 ayat 1 ke-1 dan pasal 65 ayat 1 KUHPidana sebagaimana dalam dakwaan alternatif pertama,” lanjutnya.

Pos terkait