Ternyata Segini Harga Terbaru Pertamax Turbo dan Dex Series di Sumbar, Mahal?

Ilustrasi SPBU. (Foto: Dok. Pertamina Patra Niaga)
Ilustrasi SPBU. (Foto: Dok. Pertamina Patra Niaga)

HALONUSA.COM – Pertamina Patra Niaga menyesuaikan harga tiga produk bahan bakar khusus (BBK) yang masuk ke kategori BBM non-subsidi, yakni, Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Taufikurachman menjelaskan bahwa mekanisme penyesuaian harga secara berkala ini kembali dilakukan.

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, harga BBM non-subsidi saat ini cukup fluktuatif mengikuti perkembangan terkini dari industri minyak dan gas, terutama harga minyak dunia dan Indonesian Crude Price (ICP).

“Harga rata-rata ICP per Juli di angka 106.73 USD per barel, masih lebih tinggi sekitar 24 persen dari harga ICP pada Januari 2022. Harga ICP ini sangat fluktuatif dan harganya masih relatif tinggi,” katanya, Rabu (3/8/2022).

Baca juga: Jangan Kaget, Ini Harga Terbaru Semua Jenis BBM

Khusus untuk Sumatera Barat (Sumbar), harga Pertamax Turbo (RON 98) disesuaikan menjadi Rp18.250, Pertamina Dex (CN 53) Rp19.250 dan Dexlite (CN 51) jadi Rp18.150 per liter dan mulai berlaku per Rabu (3/8/2022).

Penyesuaian harga ini sesuai dengan regulasi Keputusan Menteri (Kepmen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) nomor 62/K/12/MEM/2020 tentang formulasi harga jenis bahan bakar umum (JBU).

Harga Pertamax Turbo dan Dex Series diklaim masih paling kompetitif jika dibandingkan dengan produk dengan kualitas setara.

“Ini komitmen kami untuk dapat menyediakan BBM berkualitas dan tetap dengan menjaga keterjangkauan harga,” kata Taufik.

Pos terkait