Tidak Hanya ‘Dijual’ Pulau di Indonesia Juga ‘Disewakan’ Lewat Situs Online

Pulau A-Frames-Mentawai-Sumbar-Pulau Panangalat-Pulau di Jual-Indonesia-Asia
Pulau A-Frames (nama asli, "Pulau Panangalat") terletak 25 kilometer sebelah utara ibu kota Mentawai (Tua-Pejat) yang ditawarkan dalam situs .privateislandsonline.com

HALONUSA.COM – Tidak hanya ‘dijual’ ternyata sebagian dari pulau-pulau yang ada di Indonesia disewakan, seperti Isle Des Indes Kepulauan Seribu, Pulau Macan di Kepulauan Seribu.

Selanjutnya Pulau Joyo di Riau yang berjarak 95 kilometer (Km) dari Singapura.

Jumlah tersebut dari total pulau yang disewakan di seluruh dunia dengan total 252 pulau, sementara jumlah pulau di seluruh dunia yang dilansir dari situs privateinslandsonline itu mencapai 693 pulau.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Sejumlah Pulau di Indonesia ‘Dijual’ Terbuka Pada Situs Online, Berikut Daftarnya

Selain Pulau Panangalat yang dijual melalui situs online itu, ternyata Pulau Gili Tangkong yang memiliki luas 28 hektare, Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat juga dijual.

Pemkab setempat menilai itu kewenangan provinsi sebab wilayah lautnya 0-12 mil. Hanya saja terkait pengelolaan lahan meruapakan kewenangan kabupaten dan atau kota.

Hingga saat ini pejabat pemerintah kabupaten dan provinsi masih tolak angsur terkait hal ini.

Baca juga: Kasus Pulau ‘Dijual’ di Mentawai Pernah Terjadi Semasa Yudas Menjabat Wabup Mentawai

Pasalnya di sana terdapat lebih kurang 5 hektare lahan milik masyarakat dan kurang lebih 7 hektare milik pemerintah daerah.

“Kami tidak tahu persis, akan mengoordinasikan terlebih dahulu dengan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Nusa Tenggara Barat,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan NTB, Yusron Hadi, menukil dari Antara.

“Tapi yang jelas kami akan dalami apakah lahan yang ditawarkan tersebut berada diantara keduanya,” tutupnya. (tim)

Pos terkait