Tiga Bunga Rafflesia Mekar Bersamaan di Hutan Saniangbaka, Jenis Rafflesia Arnoldii dan Gadutensis

Tiga Bunga Rafflesia Mekar Bersamaan di Hutan Saniangbaka, Jenis Rafflesia Arnoldii dan Gadutensis
Rafflesia Arnoldii Mekar | Kuntum bunga Rafflesia Arnoldii mekar di hutan Nagari Saniangbaka, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat, Kamis, 10 Februari 2022. Rafflesia merupakan salah satu bunga langka dan terbesar di dunia yang baru saja ditemukan di dekat hutan hujan Suaka Margasatwa Barisan. (Ade Yuandha/Kariadil Harefa/Halonusa)

HALONUSA.COM – Sebanyak tiga bunga Rafflesia (Rafflesia Arnoldii-red) tumbuh dan mekar sempurna dalam rimba Saniangbaka, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Mekarnya Padma raksasa alias bunga langka dan terbesar di dunia itu teridentifikasi saat tim ekspedisi bernama Belukar melakukan observasi ke dalam rimba Saniangbaka yang berdampingan dengan hutan hujan Suaka Margasatwa Barisan.

Para pemuda merupakan divisi kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Tangaya itu mengaku jika ini kali pertama mereka temukan. Sejak melakukan ekspedisi ke dalam hutan desa sejak 2014. Mereka belum pernah menemukan kuntum bunga Raflesia.

Bacaan Lainnya

“Kuntum bunga Raflesia mekar sudah beberapa kali di sini, dan memang kali pertama terjadi. Saat kami berulang kali ekspedisi akhir 2021 hingga sekarang sudah banyak titik Rafflesia Arnoldii yang bakal mekar,” kata Muhammad Rizki, Kamis, 10 Februari 2022.

Tim Belukar merupakan sekelompok pemuda yang terbentuk untuk melindungi hutan adat alias hutan nagari. Ekspedisi perdana pada 2014 lalu mengulang kembali November 2021.

“Hingga tahun ini kami sudah kembali berkegiatan dan melakukan penelitian terhadap sejumlah keanekaragaman hayati di hutan Saniangbaka,” katanya.

Keaktifan ekspedisi jelang akhir 2021, tim Belukar menemukan keberadaan Raflesia. “Waktu itu baru satu, lalu kami mengulang kembali perjalanan ke hutan hingga akhirnya menemukan sejumlah kuntum Rafllesia di beberapa titik di dalam hutan,” tutur Ares, sapaan akrabnya.

Tumbuhan parasit obligat ini merupakan tumbuhan langka. Tumbuh dan mekar berada di wilayah administrasi Lurah (anak sungai-red) Kariang, Aialasi Saniangbaka.

“Berkemungkinan akan banyak kuntum dan ekspedisi ini akan terus bergerak. Namun kami juga tidak dapat memastikan jumlahnya,” ungkapnya.

Tiga bunga Raflesia (Rafflesia Arnoldii) Gadutensis mekar sempurna dalam rimba Saniangbaka, X Koto Singkarak, Solok, West Sumatra. SM Barisan
Aktivis lingkungan saat memantau bunga Rafflesia, salah satu bunga terbesar di dunia, kuntum Rafflesia Arnoldii mekar di hutan Desa Saniangbaka di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Kamis, 10 Februari 2022. (Ade Yuandha/Kariadil Harefa/Halonusa)

Pos terkait