Tips Dapat Pekerjaan Cepat dan Mudah, Aqua Sebut Komunikasi dan Soft Skill Sebagai Kunci

Motivator Nasional dan Pakar Komunikasi, Aqua Dwipayana. (Foto: Halonusa.com/Dok. Muhammad Aidil)
Motivator Nasional dan Pakar Komunikasi, Aqua Dwipayana. (Foto: Halonusa.com/Dok. Muhammad Aidil)

HALONUSA.COM – Motivator Nasional, Aqua Dwipayana mengatakan, komunikasi dan keahlian lain (soft skill) menjadi kunci seorang sarjana bisa mendapatkan pekerjaan dengan cepat dan mudah.

Hal tersebut disampaikan oleh Aqua saat memberikan Kuliah umum yang bertajuk ‘The Power Of Silaturahim, Sharing Komunikasi dan Motivasi’ di Universitas Andalas (Unand).

“Ketika seorang mahasiswa diwisuda, maka itu akan menjadi awal dari perjuangan dan itu merupakan pilihan, apakah pilihannya kuliah lagi, bekerja atau membuka lapangan kerja,” katanya, Kamis (8/9/2022).

Bacaan Lainnya

Berdasarkan pengalamannya, Aqua menyebut bahwa pilihan terbaik setelah wisuda adalah dengan bekerja.

Namun, katanya, tidak cukup hanya memilih bekerja.

Seorang sarjana baru harus cakap dalam berkomunikasi dan memiliki keahlian tersendiri sehingga mempunyai nilai lebih.

“Perusahaan di manapun di dunia ini pasti lebih mengutamakan kemampuan dan pengalaman,” ujar Pakar Komunikasi tersebut.

Dia mengungkap bahwa seseorang yang memiliki pengalaman akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan ketimbang yang hanya mengandalkan kemampuan akademik semata.

“Menguasai secara komprehensif soft skills adalah yang paling penting karena banyak orang yang IPK-nya 4 namun komunikasinya lemah, akhirnya dia frustasi, karena terlalu menggunakan kacamata kuda, hanya fokus kuliah,” katanya.

Pria berdarah Minangkabau tersebut meminta para mahasiswa dan sarjana baru untuk tidak terlalu mengandalkan universitas, sehingga luput dengan potensi kemampuan pribadi yang terpendam.

“Lulusan S-1 itu sudah banyak sehingga persaingan semakin ketat, seharusnya mahasiswa harus punya banyak ilmu dari masuk organisasi dan mengikuti sejumlah pelatihan, komunikasi yang baik juga menjadi kunci penting,” katanya.

Sementara itu, Rektor Unand, Yuliandri menyebut motivasi yang diberikan Aqua kepada mahasiswa sangat penting karena ilmu yang beliau punya sangat bermanfaat bagi calon lulusan.

“Ambillah ilmu dari beliau karena beliau pasti memiliki kiat-kiat untuk sukses setelah lulus dari Universitas,” imbuhnya. (*)

Pos terkait