TPA Sampah di Payakumbuh Melebihi Kapasitas Disumbang 4 Daerah, Ini Daftarnya

  • Whatsapp
Kondisi terkini TPA Padang Karambia, Kota Payakumbuh yang over kapasitas. (Foto: Dok. Istimewa)
Kondisi terkini TPA Padang Karambia, Kota Payakumbuh yang over kapasitas. (Foto: Dok. Istimewa)

HALONUSA.COM – Kepala Dinas Lingkungan (Kadis LH) Sumatera Barat, Siti Aisyah mengatakan, empat daerah menjadi penyumbang sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Padang Karambia, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) yang saat ini sudah melebihi kapasitas.

Empat daerah tersebut, yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Agam, dan Kota Bukittinggi. Bahkan, Bukittinggi tercatat menjadi penyumbang sampah terbanyak setiap harinya dengan persentase mencapai 49 persen.

Bacaan Lainnya

Kemudian disusul, Kota Payakumbuh 34 persen, Kabupaten Limapuluh Kota 11 persen dan Kabupaten Agam enam persen.

“Debit sampah di TPA Kota Payakumbuh sudah mencapai 200 persen atau melebih daya tampung. Sebanyak 91 truk membawa 250 ton sampah ke TPA Padang Karambia, Kota Payakumbuh setiap harinya,” kata Siti Aisyah, Senin (13/9/2021).

Aisyah mengatakan, peningkatan debit sampah tersebut lantaran sebelumnya tempat pembuangan akhir tersebut hanya digunakan untuk Kota Payakumbuh saja.

Namun, sejak tahun 2013, TPA tersebut naik status menjadi regional yang menjadikannya TPA untuk empat kabupaten dan kota.

“TPA ini sebelumnya juga sudah pernah jebol, maka kami tidak ingin tempat itu mengalami hal serupa dan tempat ini butuh perluasan,” imbuhnya. (*)

Pos terkait