UIN Mahmud Yunus Batusangkar Pertahankan Jiwa Juang Pahlawan Melalui Kesenian

kegiatan Art & Culture 4 di Auditorium UIN MY Batusangkar (Foto : Istimewa)
kegiatan Art & Culture 4 di Auditorium UIN MY Batusangkar (Foto : Istimewa)

HALONUSA.COM – Dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan, Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar menunjukkan semangat juang dalam sebuah karya seni.

Semangat juang pahlawan dituangkan dalam sebuah kegiatan Art & Culture 4 yang menunjukkan Festival Randai, Tari Kreasi, Solo Song dan Band.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) se-Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

“Pada hari pertama kemarin, ada 17 grup randai dari daerah Pesisir Selatan, Sawahlunto, Payakumbuh, Kota Padang, Kota Padang Panjang, serta Tanah Datar,” kata pembuna Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni, Riki Rikarno.

Ia mengklaim, pada kegiatan tersebut ribuan orang hadir dan memeriahkan kegiatan yang dilaksanakan di Auditorim UIN Mahmud Yunus tersebut.

“Seluruh Panitia mampu menterjemahkan semangat juang para pahlawan  melalui kegiatan mempertahankan dan melestarikan Budaya dan Tradisi Minangkabau dalam kegiatan ini,” katanya.

Seiring dengan itu, Wakil Rektor III UIN Mahmud Yunus, Sirajul Munir juga berpendapat bahwa apa yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut sangat memiliki kesan kepahlawanan yang sangat membara.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini, karna salah satu bentuk tri darma pergurua tinggi adalah berjuang bersama masyarakat untuk melestarikan budaya daerah,” katanya.

Ia berharap, kedepannya UKM Seni UIN MY Batusangkar bisa melaksanakan kegiatan yang lebih besar lagi dan ada impacknya pada masyarakat,” tutupnya. (*)

Pos terkait