Ulah Oknum ASN Pemko Padang yang Diduga Langgar Hak Cipta hingga Permintaan Maaf Wali Kota ke Jurnalis

Ilustrasi pencurian hak cipta. (Foto: Dok. Pixabay)
Ilustrasi pencurian hak cipta. (Foto: Dok. Pixabay)

HALONUSA.COM – Akibat penggunaan hak cipta secara sembarangan yang diduga dilakukan oleh oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Padang membuat sang Wali Kota, Hendri Septa meminta maaf.

Pasalnya, hak cipta yang diduga digunakan secara sepihak oleh oknum ASN Pemerintah Kota (Pemko) Padang itu yakni foto aerial atau gambar udara Pantai Padang sebagai latar dalam iven lomba membuat ‘Teh Talua’ yang masuk ke dalam rangkaian kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (APEKSI) tahun 2022.

Bacaan Lainnya

Karya foto tersebut belakangan diketahui milik dari Yogi Fitra atau yang lebih dikenal dengan nama Iggoy El Fitra Jurnalis foto dari media online Antara Sumbar.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Padang, Eri Sendjaya mengakui pihaknya telah teledor dalam penggunaan karya orang tanpa izin tersebut.

“Ini akan menjadi bahan evaluasi kami,” katanya dihubungi Halonusa.com, Kamis (28/7/2022).

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Andree Harmadi Algamar yang menyebut oknum ASN tersebut telah diberi teguran dengan cukup keras.

“Sudah ditegur keras,” katanya.

Wali Kota Padang, Hendri Septa mengeklaim bahwa ketika masalah tersebut muncul ke permukaan, dirinya sudah menegur kepala dinas bersangkutan.

Dirinya juga memerintahkan seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar lebih sadar hak cipta ke depannya.

“Saya menghormati para pekerja kreatif. Karena itu, di hadapan Iggoy, saya sebagai Wali Kota sengaja hadir, juga Sekda serta kepala dinas. Ini artinya, saya atau Pemko serius menghormati hak cipta, dan semoga tidak akan terulang lagi. Kami menyetujui pembayaran sebagai kompensasi atas telah dipakainya karya fotografer dari Iggoy El Fitra,” katanya.

Pos terkait