Unand Buka Program Magister untuk ASN dan Profesional di Payakumbuh, Ini Daftar Prodinya

Penandatanganan nota kesepahaman pembukaan program S2 Unand di Kota Payakumbuh. (Foto: Dok. Istimewa)
Penandatanganan nota kesepahaman pembukaan program S2 Unand di Kota Payakumbuh. (Foto: Dok. Istimewa)

HALONUSA.COM – Universitas Andalas (Unand) membuka program magister atau Strata-2 bagi kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Profesional yang berada di Kota Payakumbuh dan sekitarnya.

Program tersebut merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman antara Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh dengan Unand pada 4 Februari 2022 lalu.

Bacaan Lainnya

“Tindaklanjutnya adalah kami mengembangkan program studi (Prodi) dengan menyelenggarakan program S2 di Kampus II Payakumbuh,” kata Wakil Rektor 1 Unand, Prof Mansyurdin, Selasa (28/6/2022).

Mansyurdin mengatakan, penyelenggaraan program S2 tersebut berdasarkan perkembangan permintaan Pemko Payakumbuh dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN).

Meski demikian, pembukaan Prodi S2 di Kampus II Payakumbuh tidak hanya memberi kemudahan akses pendidikan bagi ASN Pemko Payakumbuh.

Program tersebut juga bisa menyasar ASN dari daerah lain, seperti Kabupaten Limapuluh Kota, Agam, Tanah Datar dan Kota Bukittinggi.

“Program S2 tersebut juga bisa untuk kalangan non-ASN atau profesional serta para alumni di Kota Payakumbuh dan sekitarnya serta peluang baik karena lebih efisien ketimbang kuliah ke Padang,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) Kota Payakumbuh, Ifon Satria Chan berharap para ASN di daerahnya bisa kuliah di Kampus II Unand Payakumbuh.

“Harapannya mereka bisa meningkatkan kapasitas dan kompetensi diri,” ujar Ifon.

Saat ini, katanya, terdapat 52 ASN Pemko Payakumbuh yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang magister di Kampus II Unand.

Pos terkait