UNP Dapat Penghargaan dari Kemendikbudristek Kategori PTNBLU

Perwakilan Universitas se Indonesia menerima penghargaan dari Kemendikbudristek (Foto: Humas Kemendikbudristek)
Perwakilan Universitas se Indonesia menerima penghargaan dari Kemendikbudristek (Foto: Humas Kemendikbudristek)

HALONUSA.COM – Universitas Negeri Padang (UNP) menjadi salah satu Universitas yang mendapatkan penghargaan dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Penghargaan tersebut diberikan untuk mewujudkan manusia yang berdaya saing sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, pemerintah mendorong perguruan tinggi untuk mengimplementasikan delapan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang telah ditetapkan.

Indikator tersebut dituangkan dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 754/P/2020 dan Nomor 3/M/2021.

Bacaan Lainnya

Untuk memotivasi hal ini, Kemendikbudristek memberikan dana tambahan sebesar Rp332 miliar kepada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sebagai bonus keunggulan IKU tahun 2021.

“Penghargaan ini merupakan bagian program Insentif Biaya Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) berdasarkan hasil capaian IKU yang telah ditetapkan oleh Kementerian melalui Merdeka Belajar Episode 6: Transformasi Dana Pemerintah Untuk Pendidikan Tinggi,” kata Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbudristek, Nizam, pada acara peluncuran Merdeka Belajar Episode ke-21 Senin (27/6-2022).

Pemberian penghargaan ini dikelompokkan ke dalam empat liga, yaitu liga Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH), liga Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTNBLU), liga Perguruan Tinggi Negeri Satuan Kerja (PTN Satker), dan liga Perguruan Tinggi Negeri Satuan Kerja Seni (PTN Satker Seni).

Penghargaan yang diberikan kepada PTN adalah penghargaan keunggulan IKU 1 sampai dengan IKU 8 serta penghargaan bagi PTN yang masuk ke dalam posisi top 10 persen di masing-masing liga.

Dalam penilaianya, tim dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemendikbudristek menentukan dua kriteria penilaian yaitu poin pencapaian dan poin pertumbuhan.

Kriteria poin pencapaian akan diberikan nilai maksimal 10 dari setiap indikatornya ketika capaian PTN berhasil mencapai target standar emas (Gold Standard) yang telah ditentukan sebelumnya untuk masing-masing indikator. Sementara itu, kriteria pertumbuhan dilihat dari perkembangan IKU dari tahun sebelumnya.

Pos terkait