Upacara Kemerdekaan RI ke-77 tahun yang Berbeda di Tanah Datar, Komandannya Seorang Perempuan

Upacara kemerdekaan RI yang dilaksanakan oleh seluruh kaum perempuan di Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar. (Foto: Dok. Istimewa)
Upacara kemerdekaan RI yang dilaksanakan oleh seluruh kaum perempuan di Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar. (Foto: Dok. Istimewa)

HALONUSA.COM – Peringatan Hari Kemerdekaan RI memang diperingati setiap tahunnya.

Namun, ada cara berbeda dari setiap warga untuk merayakannya, seperti yang dilakukan ibu-ibu di Jorong Lasuang Batu, Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar.

Bacaan Lainnya

Dalam upacara yang digelar di lapangan bola kaki rumah panjang tersebut, terlihat puluhan ibu-ibu ini khidmat mengikuti semua rangkaian upacara dengan komandan upacara seorang perempuan bernama Riri Fadilah Susanti.

Sementara pembina upacara juga diambil alih seorang tokoh masyarakat perempuan asal Lintau IX Koto bernama Retri Usda.

Dalam sambutannya, Retri mengatakan, semangat warga untuk melakukan upacara kali ini patut mendapat acungan jempol.

Selama upacara digelar, ibu-ibu yang menjadi peserta upacara tidak bergeming, mereka tampak khidmat.

“Ini yang kita harapkan di HUT RI ke-77, dimana kekompakan antar sesama warga selalu dijaga. Untuk pemuda-pemudi, agar selalu memiliki andil besar dalam meneruskan cita-cita bangsa dan menjadi kaum muda yang kreatif dan berprestasi di era digital sekarang,” tutur Retri.

Agar berjalan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan, ibu-ibu ini juga mendapatkan latihan dari Batalyon Yonif 131/BRS bersama Denzipur/PS Payakambuh Tiakar.

Pemudi milenial yang menjadi inisiator upacara tersebut, Halifa Turrahmi melihat semangat ibu-ibu dari daerahnya sangat tinggi untuk mengenang perjuangan para pahlawan kemerdekaan.

“Selain itu, upacara ini dilakukan untuk menjaga kesolidan dan kekompakan antar sesama warga di daerah ini,” ujar Halifa Turrahmi, pemudi milenial yang menjadi inisiator upacara ini.

Terpisah, Bupati Tanah Datar Eka Putra Wirman memberikan apresiasi kepada warganya yang melakukan upacara bendera.

Ini adalah bukti kecintaan kepada tanah air yang ditanamkan di dalam hati.

“Saya sangat bangga dan senang sekali, warga berinisiatif melakukan upacara bendera di peringatan HUT RI tahun ini,” kata politisi Partai Demokrat tersebut. (*)

Baca juga:

Pos terkait