Wajib Tahu, 12 Pahlawan Asal Sumatera Utara

Pahlawan asal Sumatera Utara
Pahlawan asal Sumatera Utara

5. Abdul Haris Nasution

Abdul Haris Nasution yang merupakan pahlawan bersuku Mandailing yang lahir di Kotanopan, Sumatera Utara, 3 September 1918. Meninggal pada 6 September 2000.

Beliau pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI, juga Panglima Angkatan Perang RI, sehingga dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada November 2002.

Bacaan Lainnya

6. T.B Simatupang

Tahi Bonar Simatupang atau yang lebih dikenal dengan nama T.B. Simatupang lahir di Sidikalang, Sumatra Utara, 28 Januari 1920.

Beliau pernah pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Perang Republik Indonesia (KASAP) setelah Panglima Besar Jenderal Soedirman wafat pada tahun 1950.

Simatupang meninggal dunia pada tahun 1990 di Jakarta. Pada tanggal 8 November 2013, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada TB Simatupang.

7. Kiai Haji Zainul Arifin

Kiai Haji Zainul Arifin lahir di Barus, Tapanuli Tengah, Sumatra Utara, 2 September 1909 adalah seorang wakil perdana menteri Indonesia, ketua DPR-GR, dan politisi Nahdlatul Ulama (NU).

8. Kiras Bangun

Kiras Bangun lahir pada 1852, ia juga dikenal dengan julukan Garamata ‘bermata merah’, adalah salah seorang Pahlawan Nasional Indonesia yang berasal dari Sumatera Utara.

Kiras Bangun menggalang kekuatan lintas agama di Sumatra Utara dan Aceh untuk menentang penjajahan Belanda.
Beliau meninggal pada 22 Oktober 1942, dan diberikan gelar Pahlawan Nasional pada 9 November 2005.

Pos terkait