Wajib Tahu, Cara Memilih Hewan Kurban untuk Lebaran Idul Adha

Ilustrasi, Sapi Ternak di Kota Padang
Ilustrasi, Sapi Ternak di Kota Padang

HALONUSA.COM – Lebaran Idul Adha tinggal beberapa hari lagi. Bagi masyarakat yang ingin berkurban, harus memperhatikan beberapa hal dari hewan yang akan dikurbankan.

Dokter Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Padang, Drh. Sovia Hariani menyampaikan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih hewan kurban.

Bacaan Lainnya

“Hal yang pertama yang perlu diperhatikan mulai dari bulunya harus diperhatikan bersih atau tidaknya,” katanya saat dihubungi Halonusa.com, Kamis (23/06/2022).

Selain itu, juga harus memperhatikan rongga mulut dari hewan yang akan dibeli harus bersih dan tidak ada lendri atau air liur yang berlebihan.

“Masyarakat juga harus melihat alat geraknya, jangan sampai ada yang cacat,” lanjutnya.

Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah tanduk dari hewan tersebut tidak boleh ada yang patah.

“Kalau lebih spesifiknya, kami dari tim kesehatan hewan juga memperhatikan adanya pengeluaran darah dari lubang hidung, mulut, telinga dan anus,” lanjutnya.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan hewan kurban itu tidak tertular penyakit Anthrax. Meskipun Kota Padang telah terbebas dari penyakit tersebut.

“Selain itu juga harus memperhatikan umur hewan harus berumur dua tahun dan bisa dilihat dari giginya yang sudah berganti minimal satu,” lanjutnya.

Dengan telah memenuhi semua kriteria tersebut, menurutnya seekor hewan sudah bisa menjadi hewan kurban.

Pos terkait