Wajib Tahu, Daftar Pahlawan Asal Lampung

Radin Inten II
Radin Inten II

2. Raden Imba Kesuma

Raden Imba Kesuma adalah patriot tanah Lampung Melinting yang berasal dari Kalianda, Lampung Selatan.

Bacaan Lainnya

Raden Imba Kusuma mewarisi tahta sebagai Radin di Lampung Selatan ternyata mewarisi sifat-sifat ayahnya yaitu anti terhadap penjajahan Belanda, dan berusaha untuk melawannya.

Pada saat melawan penjajahan Belanda, persembunyiannya diketahui oleh lawan sehingga Raden Imba Kusuma dibuang ke Pulau Timor oleh Belanda dan wafat di sana.

Pada saat itu istrinya sedang hamil dan dipulangkan ke Lampung. Semenjak meninggalnya Raden Imba Kusuma, kekuasaan Lampung berada sepenuhnya di tangan Belanda.

Selama itulah kurang lebih 15 tahun, Lampung sepi dari pemberontakan.

3. KH Ahmad Hanafiah

Lampung memiliki pahlawan sekaligus ulama yaitu KH Ahmad Hanafiah dari Kota Sukadana, Kabupaten Lampung Timur.

Ayahnya merupakan pemilik pondok pesantren pertama di Lampung. Sehingga sejak umur 5 tahun Ahmad Hanafiah sudah khatam Al-Quran.

Tak hanya belajar ilmu agama dengan sang ayah, Ahmad menjelajahi pesantren di luar negeri seperti Malaysia, Mekah dan Madinah.

Bekal jiwa kepemimpinan dan ilmu yang dimiliki tak disia-siakan. Ia tak hanya sibuk di bidang keilmuan tetapi turun langsung ke masyarakat seperti membantu pertumbuhan ekonomi hingga mengembangkan teknologi pertanian.

KH Ahmad dikabarkan juga kebal dengan peluru. Ia juga pemberani dan ditakuti lawan. Meskipun begitu, sosoknya sangat rendah hati dan tidak mau menonjolkan diri bahkan selalu berjuang tanpa pamrih.

Pos terkait