Wajib Tahu, Ini Filosofi Sila dalam Pancasila

Ilustrasi Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022
Ilustrasi Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022

HALONUSA.COM – Besok, Rabu 1 Juni 2022 seluruh masyarakat Indonesia akan memperingati hari lahirnya Pancasila.

Untuk itu, seluruh masyarakat harus mengetahui filosofi pada masing-masing sila yang ada pada Pancasila.

Bacaan Lainnya

Dikutip dari BPIP.go.id, berikut adalah filosofi dari lima sila yang terdapat dalam Pancasila.

1. Sila Pertama:

Sila pertama dalam Pancasila memiliki lambang bintang (tunggal) berwarna kuning. Sila yang pertama ini bermakna bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang beriman dan bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan dari kepercayaan yang dianut oleh masing-masing individu.

2. Sila Kedua:

Sila pertama dalam Pancasila memiliki lambang berupa rantai berjumlah 17. Rantai yang ini memiliki makna generasi penerus yang turun-temurun dan selalu saling berkaitan serta membutuhkan satu sama lain.

3. Sila Ketiga:

Simbol dari sila ketiga dalam Pancasila adalah pohon beringin yang menandai tempat berteduh ataupun berlindung. Artinya seluruh rakyat Indonesia bisa berlindung dan berteduh di bawah naungan Negara Indonesia.

4. Sila Keempat:

Simbol sila keempat dalam Pancasila adalah kepala banteng. Dikutip dari BPIP RI simbol ini menandakan tenaga rakyat. Selain itu, kepala banteng juga mewakili hewan sosial yang sering berkumpul. Simbol ini menjadi pedoman bagi rakyat indonesia untuk bahu-membahu dan berdiskusi dalam menyelesaikan berbagai persoalan.

5. Sila Kelima:

Simbol terakhir yakni sila kelima Pancasila adalah padi dan kapas yang bermakna kemakmuran dan kesejahteraan. Sementara lambang pada setiap tubuh garuda yang terdiri dari 17 jumlah bulu, 8 bulu di ekor, 19 bulu di pangkal ekor, dan 45 bulu di leher menggambarkan waktu kemerdekaan Indonesia diproklamasikan yakni 17-8-1945.

Pos terkait