Wajib Tahu, Ini Syarat Sebelum Vaksin Covid-19

  • Whatsapp
Ilustrasi : Seorang warga Padang melakukan vaksinasi
Ilustrasi : Seorang warga Padang melakukan vaksinasi

HALONUSA. COM – Dewasa ini, masyarakat mulai berbondong-bondong untuk melakukan vaksinasi setelah banyaknya aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Mulai dari sekolah tatap muka yang diwajibkan untuk melakukan vaksinasi, masuk mall, hingga mendapatkan bantuan dari pemerintah harus telah melakukan vaksinasi.

Bacaan Lainnya

Melakukan vaksinasi Covid-19 tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menerima vaksin dengan merek apapun.

Dikutip dari website Unicef Indonesia, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan vaksinasi Covid-19.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu informasi akurat. Karena, dewasa ini banyak beredar informasi keliru tentang vaksin di dunia maya.

Sangat penting untuk merujuk kepada informasi dari sumber-sumber terpercaya seperti Kementerian Kesehatan, UNICEF, dan WHO.
Masyarakat yang masih ragu tentang kondisinya sebelum melakukan vaksinasi, dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu tentang boleh atau tidak menerima vaksin.

Saat ini, secara umum, seseorang dengan kondisi berikut sebaiknya tidak menerima vaksin COVID-19 demi menghindari kejadian ikutan pasca vaksinasi (KIPI):

1. Orang dengan riwayat reaksi alergi berat terhadap kandungan vaksin COVID-19

2. Orang yang sedang sakit atau sedang mengalami gejala COVID-19 (vaksinasi dapat dilakukan setelah sembuh dan dengan persetujuan dokter).

3. Orang yang pernah mengalami reaksi alergi berat setelah menerima vaksin, atau memiliki obat yang dikonsumsi secara rutin, perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengikuti program vaksinasi.

Pos terkait