Wali Kota Lakukan Mutasi, Jabatan Kepala Dinas Pertanian dan Dinas Sosial Kota Padang Kosong

Wali Kota Lakukan Mutasi, Jabatan Kepala Dinas Pertanian dan Dinas Sosial Kota Padang Kosong
Pengambilan Sumpah Pejabat Eselon II Pemko Padang
HALONUSA.COM - 2 Jabatan eselon II di jajaran Pemerintah Kota (Pemko) Padang kembali kosong dan hanya dipimpin oleh Pelaksana Tugas (Plt) saja.

2 jabatan eselon II yang baru kosong tersebut adalah Kepala Dinas Pertanian dan Kepala Dinas Sosial Kota Padang.

Hal tersebut terjadi setelah Wali Kota Padang, Hendri Septa melakukan mutasi terhadap 5 pejabat di jajaran Pemko Padang pada Senin 22 Mei 2023.

Adapun lima pejabat yang mengalami mutasi jabatan di antaranya Syahrial Kamat yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian Kota Padang dilantik sebagai Staf Ahli Wali Kota. Kemudian Yudi Indra Syani yang sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan, dilantik menjadi Kepala Dinas Pariwisata.

Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang yang sebelumnya dinahkodai Guswardi, saat ini ia resmi dilantik sebagai Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan. Kemudian Ances Kurniawan yang sebelumnya Kepala Dinas Sosial, dilantik menjadi Kepala Dinas Perhubungan.

Terakhir, Alfiadi yang sebelumnya Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan, mendapat jabatan baru sebagai Dinas Perikanan dan Pangan.

Hendri Septa menyatakan bahwa mutasi tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan pelayanan agar lebih prima dan terciptanya birokrasi yang terintegrasi.

Menurutnya, pelantikan tersebut dilakukan untuk memberikan motivasi dan kekuatan yang baru bagi seluruh staf terutama bagi pejabat yang dilantik.

"Semua kebutuhan organisasi harus dilakukan sebagai pembinaan karir ASN. Mutasi dan rotasi jabatan sudah sering dilakukan, jangan disalahartikan," katanya.

Ia berpesan kepada pejabat yang baru dilantik agar terus menjunjung profesionalitas dan menjalankan tugas serta fungsi dalam bekerja.

"Eselon II yang dilantik harus melakukan peningkatan kinerja staff, pembenahan administrasi, serta menyusun rencana program dan skala prioritas. Pejabat harus mempunyai wawasan luas dalam merumuskan program demi mewujudkan visi misi Kota Padang," katanya.

Ia juga menyebutkan pentingnya bagi pimpinan suatu OPD atau organisasi untuk menjaga komunikasi yang baik dengan staff. Sebab, keberhasilan kinerja akan terwujud jika hubungan antara pimpinan dan staff terjalin harmonis. (*)

Berita Lainnya

Index