Warga Indonesia Sudah Bisa Umrah ke Arab Saudi, Lisda Hendrajoni: Minta Kemenag Pastikan Vaksin Tambahan

warga-indonesia-sudah-bisa-umrah-ke-arab-saudi-lisda-hendrajoni-minta-kemenag-pastikan-vaksin-tambahan
Lisda Hendrajoni saat mengikuti pertemuan antara anggota DPR RI Komisi VIII dengan parlemen Ukraina di Kiev, pekan lalu. (foto: Lisda Hendrajoni/Halonusa)

HALONUSA.COM – 1 Desember selain memperingati Hari Artileri dan HIV-AIDS Sedunia, juga dibukanya penerbangan internasional ke Arab Saudi dari Indonesia, bahkan pemerintah Saudi mengizinkan warga Indonesia berangkat umrah, Rabu (1/11/2021).

Terkait penerbangan ke luar negeri serta terbukanya akses bisa berangkat umrah begini respon anggota Komisi VIII dari Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) Lisda Hendrajoni.

Lisda Hendrajoni meminta Kementerian Agama (Kemenag) untuk memastikan pemberian vaksin tambahan terhadap pelaku perjalanan dalam mencegah penyebaran Omicron.

Bacaan Lainnya

“Kemenag kami minta untuk berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait vaksin, apalagi masa waktu efikasi dari vaksin mencegah virus rata-rata empat bulan setelah dosis kedua diberikan,” kata Lisda Hendrajoni, anggota DPR RI daerah pemilihan Sumatera Barat (Sumbar) satu (1), Selasa (30/11/2021).

Pernyataan Lisda Hendrajoni serangkai atas pembaruan penerbangan internasional Arab Saudi yang telah mengizinkan warga Indonesia berangkat umrah, terbukanya akses untuk masuk ke Arab Saudi dipermudah, serta mengakui sejumlah vaksin sebagai syarat pelaksanaan ibadah umrah.

warga-indonesia-sudah-bisa-umrah-ke-arab-saudi-lisda-hendrajoni-minta-kemenag-pastikan-vaksin-tambahan
1 Desember 2021 Penerbangan Internasional ke Arab Saudi dari Indonesia Sudah Dibuka

Adapun Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas membenarkan bahwa warga Indonesia sudah bisa berangkat umrah ke Arab Saudi. Informasi itu tersampaikan saat rapat kerja dengan Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di kompleks parlemen di Jakarta, Selasa 30 November 2021.

Yaqut mengemukakan, bahwasanya pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah mengumumkan terhitung mulai 1 Desember 2021 memberikan izin penerbangan langsung kepada enam negara, yaitu Indonesia, Pakistan, Vietnam, Brasil, Mesir dan India.

Informasi Arab Saudi memberikan izin masuk bagi warga di enam (6) negara sejak Kamis 25 November 2021.

“Lawatan ke Saudi membuahkan hasil positif dengan dibukanya kembali umrah bagi warga Indonesia,” ujar Yaqut saat memenuhi undangan dari Menteri Urusan Islam Syekh Abdul Latif asy-Syekh.

Pos terkait