Waspada, Cuaca Jawa Tengah Dominan Berawan, 19 Rumah Tertimpa Pohon

  • Whatsapp
19 rumah warga di Blora Jawa Tengah rusak akibat cuaca di Jawa Tengah dominan berawan dan dimintai waspada bencana-Halonusa
19 rumah warga di Blora Jawa Tengah rusak akibat cuaca di Jawa Tengah dominan berawan dan dimintai waspada bencana-Halonusa

HALONUSA.COM – Belasan rumah di Kabupaten Blora, Jawa Tengah tertimpa pohon lantaran hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang. Hal ini dilaporkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora.

“Jumlahnya ada 19 rumah warga di Blora mengalami rusak karena pohon tumbang,” kata Abdul Muhari, Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB.

Bacaan Lainnya

Kerusakan dari peristiwa angin kencang itu terdapat 16 rumah ringan dan tiga rumah rusak sedang dan lokasi bencana rumah tertimpa pohon itu di Kecamatan Kradenan dan Kecamatan Kedungtuban.

“Saat ini tim BPBD bersama perangkat desa maupun warga melakukan pembersihan material pohon tumbang pascabencana Sabtu (23/10/2021) malam,” ujar Abdul Muhari.

Berdasarkan prakiraan cuaca tiga harian yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) per 24 sampai 26 Oktober 2021, Provinsi Jawa Tengah didominasi dengan cuaca berawan, berawan tebal dan hujan ringan.

Kajian inaRISK menunjukkan Kabupaten Blora memiliki potensi bahaya cuaca ekstrem pada tingkat sedang hingga tinggi yang berdampak pada 16 kecamatan.

BNPB mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dengan memantau prakiraan cuaca secara berkala melalui laman BMKG dan memeriksa potensi bencana sekitar melalui inaRISK. (*)

Pos terkait