Waspada! Ini Peringatan Cuaca Sumbar 3 Hari ke Depan

Ilustrasi cuaca cerah. (Foto: Dok. Pixabay)
Ilustrasi cuaca cerah. (Foto: Dok. Pixabay)

HALONUSA.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca terbaru dari Senin hingga Rabu (12-14/9/2022).

Dalam informasi cuaca terbaru yang dirilis BMKG, cuaca Sumatera Barat (Sumbar) masih cenderung cerah berawan.

Bacaan Lainnya

Meski demikian, masyarakat harus tetap waspada dengan cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini.

Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kabupaten Padang Pariaman, Sakimin mengatakan, secara umum Indonesia sudah masuk musim kemarau.

“Cuma identifikasinya itu kemarau basah, jadi memang kemarau tapi masih banyak hujan,” kata Sakimin kepada Halonusa.com.

Di saat bersamaan, kata Sakimin, saat ini masih ada fenomena global yang dinamakan La Nina Lemah dan tersebut masih berlangsung.

“Dengan demikian, pertumbuhan awan hujan itu masih masif sering terjadi, di Indonesia pada umumnya masih ada pengaruhnya dengan fenomena La Nina Lemah itu, akibatnya permukaan laut plus 1 hingga plus 3,” katanya.

Selain itu, kata Sakimin, juga terjadi perlambatan angin, khususnya di Pulau Sumatera.

“Angin rata-rata di Indonesia lebih banyak di Sumatera bagian Barat umumnya, sehingga awan-awan hujan masif juga,” katanya.

Sakimin menjelaskan, hujan tersebut tidak merata terjadi karena sedang berada di musim kemarau.

“Ada (daerah) terdampak hujan dan ada yang normal masuk musim kemarau. Secara keseluruhan sebagian besar masih hujan,” kata Sakimin.

Berikut prakiraan cuaca Sumbar selama tiga hari ke depan:

1. Tanggal 12 September 2022
Pagi: Cerah Berawan.

Siang – Sore: Cerah berawan-Berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang di Limapuluh Kota, Payakumbuh, Agam, Bukittinggi, Tanah Datar, Solok dan Sawahlunto.

Potensi hujan hingga deras di Pasaman Barat (Pasbar), Pasaman, Kabupaten Solok, Sijunjung, Dharmasraya dan Solok Selatan (Solsel).

Malam: Cerah berawan-Berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang di Limapuluh Kota, Padang Pariaman, Padang, Pesisir Selatan (Pessel), Sijunjung dan Dharmasraya.

Dini hari: Berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang di Kepulauan Mentawai, Limapuluh Kota, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, Pessel dan Dharmasraya.

Suhu udara: 16 hingga 31 derajat celcius
Kelembaban udara: 60 hingga 98 persen
Sumber angin: Dari Barat Daya hingga Timur Laut dengan kecepatan 6 hingga 28 kilometer per jam

Peringatan dini: Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga deras disertai petir atau kilat dan angin kencang pada sore hingga malam hari di Pasbar, Pasaman, Kabupaten Solok, Sijunjung, Dharmasraya, Solok Selatan (Solsel) dan sekitarnya.

Kemudian, di Pasbar, Pasaman, Agam, Padang Panjang, Padang, Pessel, Kota Solok, Kabupaten Solok dan sekitarnya.

2. Tanggal 13 September 2022

Pagi: Cerah berawan-Berawan.

Siang – Sore: Cerah berawan. Potensi hujan ringan.

Potensi hujan sedang hingga deras di Pasaman, Limapuluh Kota, Payakumbuh, Kabupaten Solok, Sijunjung, Dharmasraya dan Solsel.

Malam: Berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang di Kepulauan Mentawai, Limapuluh Kota, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, Pessel, Sijunjung, Dharmasraya dan Solsel.

Dini hari: Berawan.

Suhu udara: 16 hingga 31 derajat celcius
Kelembaban udara: 65 hingga 98 persen
Sumber angin: Dari Barat Daya hingga Timur Laut dengan kecepatan 6 hingga 28 kilometer per jam

Peringatan dini: Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga deras disertai petir atau kilat dan angin kencang pada sore hari di Pasaman, Limapuluh Kota, Kabupaten Solok, Sijunjung, Dharmasraya, Solsel dan sekitarnya.

3. Tanggal 14 September 2022

Pagi: Cerah berawan-Berawan.

Siang – Sore: Cerah berawan. Potensi hujan ringan.

Potensi hujan sedang hingga deras di Pasaman, Limapuluh Kota, Payakumbuh, Agam, Bukittinggi, Padang Panjang, Tanah Datar, Kabupaten Solok, Solok, Sawahlunto dan Sijunjung.

Malam: Berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang di Limapuluh Kota, Kabupaten Solok dan Sijunjung.

Dini hari: Berawan.

Suhu udara: 16 hingga 31 derajat celcius
Kelembaban udara: 60 hingga 98 persen
Sumber angin: Dari Barat Daya hingga Timur Laut dengan kecepatan 6 hingga 28 kilometer per jam

Peringatan dini: Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga deras disertai petir atau kilat dan angin kencang pada sore hari di Pasaman, Limapuluh Kota, Payakumbuh, Agam, Bukittinggi, Padang Panjang, Tanah Datar, Kabupaten Solok, Sawahlunto, Sijunjung, dan sekitarnya.

(*)

Baca juga:

Pos terkait