Zona Covid-19 Sumbar Terbaru: Padang Oranye, Bukittinggi Kuning

Ilustrasi Covid-19
Ilustrasi Covid-19 | Shutterstock via Tempo.co

HALONUSA.COM – Saat ini, tidak ada lagi daerah di Sumatera Barat (Sumbar) masuk dalam zona merah atau risiko tinggi penyebaran covid-19.

Sementara yang masuk zona oranye atau risiko sedang, terdapat 13 kabupaten/kota.

Bacaan Lainnya

Zona kuning atau risiko rendah ada 6 kabupaten/kota. Namun belum ada daerah di Sumbar yang masuk zona hijau atau tidak ada kasus.

Zonasi tersebut merupakan update pekan ke-38 pandemi covid-19 kabupaten/kota di Sumbar periode 29 November sampai 5 Desember 2020.

Baca juga: Covid-19 Picu 800 Industri di Banten Gulung Tikar, Pengangguran Tinggi

Kepala Dinas Kominfo Sumbar selaku Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal mengatakan, penetapan zonasi tersebut berdasarkan hasil perhitungan 15 indikator data onset pada pekan ke-38 pandemi covid-19.

Dijelaskan Jasman Rizal, dari 13 daerah yang masuk zona oranye, Kabupaten Solok dan Kota Solok yang paling rendah skornya.

Disebutkannya, kasus positif dan meninggal, meningkat tajam dalam pekan ke-37 pandemi ini.

“Kita harapkan semua kabupaten dan kota lebih mengintesifkan pemeriksaan sample kepada warganya yang bertujuan agar penyebaran dan penangananan covid-19 dapat lebih baik lagi,” ujar Jasman Rizal.

Baca juga: Tahanan Padang Pariaman Pisah Ranjang, Belasan Terpapar Virus Corona

Ia menjelaskan, dari 6 kabupaten/kota yang masuk zona kuning, Kabupaten Kepulauan Mentawai mendapatkan skor tertinggi dalam minggu ke-37.

Hal ini karena tingginya angka testing, sedikit yang positif. Lalu disusul oleh Kabupaten Solok Selatan.

Pos terkait