Aming Prayitno Pencipta Logo KORPRI, Berikut Profil Pembuat Makna Lambang Korpri

Aming Prayitno Pencipta Logo KORPRI, Berikut Profil Pembuat Makna Lambang Korpri (Lambang Korpri. Foto: Dewan Ketahanan Nasional)

HALONUSA.COM Selamat HUT KORPRI (Korps Pegawai Republik Indonesia), 29 November yang diperingati hari ini. Adapun Korpri lahir pada 29 November 1971 terbentuk era pemerintahan Presiden Soeharto.

Organisasi pegawai republik Indonesia memiliki lambang yang diciptakan pada tahun kedua HUT Korpri oleh pelukis Aming Prayitno pada tahun 1973. Usai memenangi kompetisi lomba membuat logo KORPRI yang digelar Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Bacaan Lainnya

Menukil dari Halonusa.com berikut profil pembuat dan makna lambang atau logo Korpri yang sampai sekarang melekat pada seragam Pegawai Negeri Sipil atau Aparatur Sipil Negara (PNS/ASN). Aming Prayitno lahir di Surakarta 9 Juni 1943, salah satu tim ahli perupa Lirical Abstraction atau Lirisisme (aliran yang berkembang akhir dekade 1960 hingga 1970’an).

Aming Prayino merupakan dosen di STSRI Yogyakarta serta seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dosen bernama Aming Prayitno pernah sekolah pendidikan seni di Koninklijk Akademie voor Schonkunsten di Gent. Kemudian di Belgia pada 1976, dan lulus di STSRI Yogyakarta pada 1977.

Mencipta logo atau lambang KORPRI, yang tiap tahun diperingati 29 November di Indonesia. Lomba desain lambang KORPRI, Aming Prayitno membawa uang tunai Rp 50 ribu beserta piagam penghargaan Nomor Peng. 02/K.III/wan/73 tertanggal 6 Maret 1973, yang diberikan Menteri Dalam Negeri, Amir Mahmud sekaligus Ketua Umum Pusat KORPRI masa itu dan masa sekarang adalah Ketua Umum KORPRI Nasional Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh.

Pos terkait